Berkaca Bencana Cianjur, Alam Lahat Berpotensi Terjadi Bencana Banjir dan Longsor, Polres Gelar Apel Siaga

Berkaca Bencana Cianjur, Alam Lahat Berpotensi Terjadi Bencana Banjir dan Longsor, Polres Gelar Apel Siaga

Bupati Lahat didampingi Kapolres Lahat menghadiri apel kesiapan penanganan bencana. foto: agustiawan/koransumeks/oganilir.co--

LAHAT, OGANILIR.CO  – Polres LAHAT, 24 November 2022 menggelar Apel Kesiapan Penanganan Bencana Alam Banjir dan Tanah Longsor

Apel yang digelar di halaman Mapolres Lahat itu dihadiri jajaran Polres Lahat,  Kodim 0405 Lahat, dan instansi terkait.

Bupati Lahat Cik Ujang, SH didampingi Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto  menyampaikan, menyikapi gempa bumi di Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Dirinya meminta para camat agar berkoordinasi dengan pihak kapolsek dan danramil agar cepat tanggap jika terjadi bencana alam di kecamatan masing-masing.

BACA JUGA:Liga 1 Segera Dimulai, Pakai Sistem Bubble dengan 4 Stadion, Laga Dipusatkan di Jawa Tengah dan Yogyakarta

“Kabupaten Lahat yang terdiri dari 24 kecamatan. Kondisi alam yang labil, hutan, perbukitan dan terdapat beberapa aliran sungai. Hal ini menjadi potensi terjadi bencana banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang. Untuk itulah Pemkab Lahat, melalui badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) bersama-sama dengan TNI-Polri beserta instansi terkait lainnya untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana tersebut,” ungkap Bupati.

Melalui apel ini diharapkan dapat menggugah semua stakeholder, intansi terkait dan masyarakat agar dapat berpartisipasi sesuai dengan fungsi dan perannya, guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat didaerah terkena bencana.

BACA JUGA:Brasil Hancurkan Serbia, Richarlison Cetak 2 Gol ke Gawang The Eagles, Nah, Gol Kedua Itu Ciamik Banget Bos!

Sementara Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK MSi menambahkan, pihaknya bersama TNI dan Pemda Lahat akan selalu siap mengarahkan personel serta menyiapkan sarana dan prasarana yang dimiliki Polres Lahat. 

Polres akan menyiapkan personel yang standbye di Mako Polres, agar sewaktu waktu dibutuhkan cepat tanggap.

Kapolres juga menhimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan secepatnya melaporkan ke polsek terdekat apabila terjadi bencana ataupun kejadian lain yg mengakibatkan terjadinya gangguan Kamtibmas.

BACA JUGA:Brasil Hancurkan Serbia, Richarlison Cetak 2 Gol ke Gawang The Eagles, Nah, Gol Kedua Itu Ciamik Banget Bos!

Selesai apel,  acara dilanjutkan dengan Pra Ops penanggulangan bencana sekaligus rapat koordinasi langkah- langkah apa yg harus di lakukan apabila terjadi bencana yang diikuti oleh pejabat terkait.(gti)

 

Sumber: