Lift Jembatan Ampera Palembang Rampung 4 Minggu, Mulai Instalasi Listrik, Uji Coba Pertengahan Desember 2022

Lift Jembatan Ampera Palembang Rampung 4 Minggu, Mulai Instalasi Listrik, Uji Coba Pertengahan Desember 2022

Jembatan Ampera Kota Palembang akan segera memiliki lift baru yang bisa menampung 3-4 orang. foto: alfery/dila/koransumeks/oganilir.co--

PALEMBANG, OGANILIR.CO  – Meski menuai pro dan kontra. Namun, pemasangan lift di Jembatan Ampera nyatanya tetap berjalan. 

Selasa, 29 November 2022, petugas sudah mulai melakukan instalasi listrik. Proses itu setelah perakitan lift kelar dilakukan.

“Saat ini lift sedang dalam proses pemasangan. Pertengahan Desember instalasi selesai,” kata Satker PJN 3 PPK 3.6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel Dicky Romansyah. Dari pantauan. Sebanyak empat pekerja sudah mulai menginstalasi lift itu. Mereka mengaku lift tersebut sudah terpasang sejak  18 November lalu.

Menurutnya, untuk sampai selesai pengerjaan butuh waktu empat minggu, jadi estimasi selesai semuanya di 15 Desember mendatang dan akan diuji coba pada akhir Desember.  

BACA JUGA:Tiga Kali Diberi Peringatan Tembakan, Pelaku Curanmor Melawan, Petugas Terpaksa Melumpuhkan

“Proses pemasangan lift ini dari awal sampai akhir butuh waktu dua bulan. Pertama dibongkar dulu lift yang lama dan itu butuh waktu dua minggu. Kemudian istirahat dua minggu dan proses pemasangan empat minggu,” kata salah satu pekerja yang dibincangi koran ini.

Menurutnya, dari tahun 1960-an Jembatan Ampera ini sudah ada lift. Namun memang liftnya model lama dan ditutup menggunakan pintu besi. Bobotnya sampai 4 ton. Sedangkan yang dipasang ini bobotnya hanya 3 ton. Jadi lebih ringan.

“Untuk kapasitas di dalam lift bisa 3-4 orang. Untuk naik dari bawah sampai ke atas estimasi butuh waktu satu menit dengan ketinggian 50 meter. Namun setelah naik lift ke atas belum langsung sampai atas masih harus menaiki beberapa anak tangga,” ungkapnya

BACA JUGA:Hari ke-11 PD Qatar: Australia vs Denmark, Tunisia vs Prancis, Arab Saudi vs Meksiko, Polandia vs Argentina

Sedangkan untuk lift satunya akan dipasang tahun depan. Selain dilakukan pemasangan lift, juga dilakukan pengelasan untuk penguatan struktur jembatan, di cat dan lain-lain.

Wali Kota Palembang H Harnojoyo sendiri menyatakan dukungannya terhadap rencana pemasangan lift di Jembatan Ampera. “Kita dukung. Apalagi untuk pemanfaatan Jembatan Ampera ini memang sudah kita usulkan sejak lama,” ujarnya.

Namun dalam pandangan Harnojoyo, tentunya pembangunan lift melalui kajian ilmiah. “Saya kira ini sudah dilakukan peningkatan jembatan sebelumnya. Dengan pengujian uji berat dan sebagainya dulu,” kata Harnojoyo.

BACA JUGA:Hari ke-11 PD Qatar: Australia vs Denmark, Tunisia vs Prancis, Arab Saudi vs Meksiko, Polandia vs Argentina

Dia menambahkan, adanya lift di Jembatan Ampera, tentu akan menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Tertua di Indonesia ini.  “Kalau bagi sektor wisata, tentu dampaknya akan baik sekali, untuk menarik minat wisatawan,” ujarnya.

Sumber: