DPRD Akan Berikan Sanksi Pemecatan Pada Kepsek yang Terlibat Kasus Pungli di SMP Negeri 5 Banyuasin

DPRD Akan Berikan Sanksi Pemecatan Pada Kepsek yang Terlibat Kasus Pungli di SMP Negeri 5 Banyuasin

--

DPRD Akan Berikan Sanksi Pemecatan Pada Kepsek yang Terlibat Kasus Pungli di SMP Negeri 5 Banyuasin

BANYUASIN, oganilir.co - Pemerintah Kabupaten Banyuasin bakal menindak tegas bagi oknum kepala sekolah (kepsek), jika sampai ketahuan memintai sejumlah uang kepala wali murid."Kita berikan sanksi tegas, berupa pemecatan sebagai kepala sekolah,"kata Erwin Ibrahim Sekda Banyuasin, Minggu 30 Juni 2024.

Tentunya pemberian sanksi tegas itu sebagai efek jera bagi oknum yang memintai uang kepada wali murid dengan dalih apapun itu."Itu sebagai efek jera, biar yang lain tidak mengikuti hal tersebut,"ujarnya.

Namun untuk pemberian sanksi tegas itu harus sesuai aturan yang berlaku, yaitu melalui proses pemeriksaan dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Viral! Oknum Dishub Prabumulih Diduga Lakukan Pungli, ini Kata Kadishub

"Ikuti sesuai dengan aturan yang berlaku,"bebernya. Erwin menegaskan dengan adanya tindakan oknum memintai sejumlah uang kepada wali murid itu akan sangat memberatkan terutama bagi wali murid yang kurang mampu.

Mengenai adanya pungutan di salah satu sekolah di Talang Kelapa, Erwin mengungkapkan kalau kepala sekolah tersebut telah dipanggil oleh dinas pendidikan."Yang bersangkutan telah mengembalikan uang itu,"terangnya.

Diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Banyuasin bakal memanggil kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Banyuasin terkait hebohnya dugaan pungutan liar (pungli) sekitar 200 ribu/siswa di SMP N 5 Talang Kelapa Banyuasin."Kita akan panggil kadisdik, kepala sekolah, pihak komite dan pihak terkait lainnya,"kata Tismon wakil ketua komisi 4.

BACA JUGA:Belasan Preman, Tukang Pungli dan Pengisap Aibon Terjaring Operasi Polres Lubuklinggau, Didata Diberi Edukasi

Tentunya pemanggilan itu mempertanyakan adanya dugaan pungutan uang sebesar Rp 200 ribu yang infonya dipergunakan untuk melakukan perbaikan jalan menuju SMP N 5 Talang Kelapa itu.

Sumber: