Kalahkan Inggris 2-1, Spanyol Raih Gelar Euro 2024 Keempat Kalinya

Kalahkan Inggris 2-1, Spanyol Raih Gelar Euro 2024 Keempat Kalinya

Nico Williams melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inggris. --

Kalahkan Inggris 2-1, Spanyol Raih Gelar Euro 2024 Kermpat Kalinya

BERLIN, oganilir.co - Spanyol kembali menjadi raja sepak bola dunia dan Eropa. Gelar Euro 2024 diraih Tim Matador setelah di final Inggris 2-1 pada partai puncak yang dihelat di Olympiastadion, Berlin, Senin 14 Juli 2024 dini hari WIB. 

Babak pertama berakhir tanpa gol, Spanyol sukses memecah kebuntuan lewat gol Nico Williams di awal babak kedua. Namun Inggris berhasil menyamakan skor lewat gol cantik Cole Palmer.

Mikel Oyarzabal muncul menjadi pahlawan kemenangan Spanyol lewat gol kemenangan yang ia ciptakan pada menit ke-86. Spanyol pun berhak menjadi juara Piala Eropa untuk yang keempat kalinya pada edisi 1968,  2008, dan 2012.

Di babak pertama Spanyol mendominasi jalannya pertandingan. Meski demikian, Lamine Yamal dkk. masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Inggris.

BACA JUGA:Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris, Siapa Gengsi 2 Pemain Peraih Sepatu Emas-Negara

Di sisi lain, Inggris yang sempat terkurung di daerah pertahanan sendiri perlahan mulai bisa menguasai bola dan menebar ancaman ke jantung pertahanan Spanyol.

Sayangnya, belum ada peluang berbahaya yang diciptakan Spanyol dan Inggris. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga wasit Francois Letexier meniup tanda berakhirnya babak pertama.

Kembali dari kamar ganti, Luis de la Fuente melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Rodri dan memasukkan Martin Zubimendi. Belum diketahui pasti apa alasan Rodri tak bis melanjutkan pertandingan.

Babak kedua baru berjalan satu menit, Spanyol sukses membuka keunggulan lewat gol Williams. Menerima assist Yamal, Williams melepaskan tembakan first time yang tak bisa dibendung Jordan Pickford.

BACA JUGA:Inggris Kalahkan Belanda 2-1 di Semifinal Euro 2024, Ollie Watkins Jadi Pahlawan

Tertinggal satu gol membuat Inggris mencoba lebih berani keluar menyerang. Selain itu, Gareth Southgate pun melakukan sejumlah pergantian pemain, termasuk dengan memasukkan Palmer.

Keputusan Southgate terbukti jitu. Hanya tiga menit usai masuk lapangan, Palmer sukses mencetak gol penyeimbang. Tembakan first time yang ia lesatkan dari luar kotak penalti sukses membobol gawang Unai Simon.

Inggris mendapat momentum dari gol ini. Meski demikian, Spanyol mencoba tak terpengaruh. Kedua tim kembali bermain aman seperti di babak pertama.

Sumber: