Ini Catatan Juara Piala Euro, Spanyol Raih Gelar Terbanyak

Ini Catatan Juara Piala Euro, Spanyol Raih Gelar Terbanyak

Timnas Spanyol meraih gelar juara Euro 2024.--

Ini Catatan Juara Piala Euro, Spanyol Raih Gelar Terbanyak

BERLIN, oganilir.co - Spanyol membuktikan dirinya sebagai sebagai raja olahraga si kulit bundar. Ya, Negeri Matador itu meraih gelar Piala Eropa terbanyak. Di final Euro 2024, Spanyol berhasil mempecundangi Inggris dengan skor 2-1. 

Duel Spanyol vs Inggris tercipta di partai puncak Euro 2024, Senin 15 Juli 2024 dini hari WIB. Pada laga di Olympistadion Berlin, Spanyol unggul duluan di menit ke-47 lewat Nico Williams.

Namun Inggris menyamakan skor lewat Cole Palmer pada menit ke-73 sebelum gol Mikel Oyarzabal memastikan kemenangan 2-1 La Furia Roja. Spanyol bertakhta sebagai juara Eropa tahun ini yang merupakan kali keempat sepanjang sejarah.

Sebelumnya Spanyol jadi juara di 1968, 2008, dan 2012. Mereka adalah pemegang rekor trofi terbanyak, melewati Jerman dengan tiga gelar dan Italia serta Prancis dengan dua gelar.

BACA JUGA:Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris, Siapa Gengsi 2 Pemain Peraih Sepatu Emas-Negara

Sementara Inggris harus menunda lagi keinginan untuk jadi jawara Eropa pertama kalinya, setelah gagal di final tiga tahun. Berikut daftar final dan juara Euro sejak pertama kali dihelat tahun 1960.

4 - Spanyol

3 - Jerman (dua saat Jerman Barat)

2 - Prancis, Italia

1 - Portugal, Yunani, Denmark, Belanda, Republik Ceko (Cekoslowakia), Rusia (Uni Soviet)

 

Sumber: