Jelang Perayaan 17 Agustus, Pemkab OKI Bagikan 1. 500 Bendera Merah Putih

Jelang Perayaan 17 Agustus, Pemkab OKI Bagikan 1. 500 Bendera Merah Putih

--

Jelang Perayaan 17 Agustus, Pemkab OKI Bagikan 1.500 Bendera Merah Putih

KAYUAGUNG, oganilir.co - Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Kabupaten OKI mulai terasa. Guna memeriahkan Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir bersama dengan seluruh wilayah di Indonesia secara serentak membagikan 10 juta bendera merah putih gratis untuk masyarakat.

"Pembagian Bendera Merah Putih ini merupakan bagian dari gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih yang kini menjadi program Pemerintah Pusat yang ditujukan untuk menggugah rasa cinta Tanah Air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia" Ujar Pj. Bupati OKI Asmar Wijaya saat acara Pembagian secara serentak ribuan bendera merah putih gratis bagi masyarakat Kabupaten OKI di Taman Segitiga Emas Kayuagung, Kamis 1 Agustus 2024.

Asmar menegaskan bahwa Bendera Merah Putih merupakan simbol identitas yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia yang menyatukan kemajemukan bangsa Indonesia dalam bingkai NKRI.

BACA JUGA:HUT ke 78 Kemerdekaan RI, Pemkab Ogan Ilir Anjangsana ke Panti Jompo

"Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dilaksanakan dengan pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu masyarakat Indonesia yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia" Sambung Asmar.

Dalam kesempatan tersebut Asmar juga menginstruksikan jajarannya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar mengibarkan bendera merah putih selama satu bulan penuh mulai tanggal 1 s.d. 31 Agustus 2024.

"Kepada para Camat, saya instruksikan agar dilanjutkan di tingkat Kelurahan dan Desa, selanjutnya Kelurahan dan Desa menyampaikan kepada masyarakat, sehingga di setiap rumah dipasang bendera merah putih dari tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2024. Tentunya hal ini akan menggugah dan mengobarkan kembali semangat dan jiwa nasionalisme masyarakat" Himbaunya.

BACA JUGA:78 Pohon Pinang Disiapkan Peringati HUT Kemerdekaan RI di Jakabaring

Terakhir Asmar mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang telah memberikan sumbangsihnya sehingga kegiatan pembagian bendera merah putih secara serentak ini dapat terselenggara dengan baik.

"Pada kesempatan ini juga saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Forkopimda, OPD, Intansi Vertikal, BUMN/BUMD, Kecamatan yang telah memberikan sumbangsih Bendera Merah Putih yang telah dikoordinir oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ogan Komering Ilir" Tutupnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten OKI H. Irawan Sulaiman dalam laporannya mengatakan bahwa dari hasil sumbangsih seluruh pihak, dalam kegiatan pembagian bendera merah putih di Kabupaten OKI terkumpul 1.500 bendera yang dibagikan gratis kepada masyarakat.

BACA JUGA:Lilly Wenda Pembawa Baki Bendera Upacara HUT Kemerdekaan RI 2023, ini Profilnya

"Kegiatan ini akan kami teruskan ke Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sebagai laporan bahwa Kabupaten OKI mendukung penuh program pemerintah pusat dalam gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih secara serentak" Pungkas Irawan.

Sumber: