Fisip Unsri Berikan Pelatihan Kepada 20 Pelaku UMKM di Kecamatan SP Padang OKI

Fisip Unsri Berikan Pelatihan Kepada 20 Pelaku UMKM di Kecamatan SP Padang OKI

Pelaku usaha UMKM di Kecamatan SP Padang mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Fisip Unsri.--

KAYUAGUNG, oganilir.co - Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Sriwijaya (Unsri) melaksanakan Pemberdayaan kepada Masyarakat Skema Perkuliahan Desa di Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Tema yang diambil adalah “Pengembangan Komunikasi Komunitas Lokal: Strategi Pemasaran dan Branding untuk UMKM” dan “Komunitas Desa dalam Era Digital: Pelatihan Komunikasi Online untuk Pengembangan Usaha Lokal".

Sebanyak 20 pelaku UMKM dari 20 desa di Kecamatan Sirah Pulau Padang antusias mengikuti pelatihan yang digelar Fisip Unsti itu, Kamis 1 Agustus 2024.

Salah satu pelaku usaha UMKM Kecamatan SP Padang, Desliansu mengaku senang dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan Fisip Unsri

BACA JUGA:Unsri-Unib Sepakat Kerjasama Bidang Pendidikan

“Alhamdulillah kegiatan ini bermanfaat sekali utamanya untuk UMKM pemula. Jadi punya gambaran yang baik dalam bidang UMKM, harapannya UMK di SP Padang lebih maju dan lebih baik lagi, dan harapannya untuk kegiatan ini dapat berkelanjutan," kata Desliansu.

Sekertaris Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kabupaten OKI, Legianto berharap pelatihan yang dilaksanakan Fisip Unsri dapat meningkatkan penjualan UMKM melalui digital marketing

“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsri terhadap pengabdian yang telah dilakukan untuk pelaku UMKM Sirah Pulau Padang, harapannya dapat meningkatkan penjualan UMKM melalui digital marketing dan juga branding tidak hanya di OKI dan bisa di skala nasional,” ujar Legianto.

DIa menambahkan bahwa pelaku UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai saluran untuk meningkatkan penjualan dan pihak Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kabupaten OKI akan mendukung hal baik tersebut dengan melakukan pembinaan.

BACA JUGA:Bhakti Yudho Gantikan Joni Arliansyah Jabat Dekan FT Unsri

“Diharapkan UMKM mampu menggerakan fasilitas media sosial baik itu Instagram, Facebook, dan media lain atau juga google sehingga dalam memasarkan dari segi produk, seperti produk makanan, kerajinan, atau bentuk lain dapat meningkatkan penjualan, pelatihan ini tidak sekali ini saja dan dinas koperasi InsyaAllah juga terus melakukan pembinaan,” jelasnya.

Terpisah, Camat Sirah Pulau Padang, Ardhi Tomiansyah, menayatakan bahwa pengabdian tersebut sangat bermanfaat dan menambah wawasan masyarakat tentang branding dan digital marketing. Secara pribadi dan pemerintahan berterima kasih kepada Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsri, atas pengabdian skema perkuliahan desa terhadap masyarakat desa Kecamatan SP Padang. Masyarakat jadi tahu apa itu branding, digital marketing, dan berguna bagi mereka untuk mengebangkan produk UMKM mereka ke depannya.

Sumber: