Perjalanan Touring Skuter Berlanjut ke Sabang usai Hadiri KBSS di Medan

Perjalanan Touring Skuter Berlanjut ke Sabang usai Hadiri KBSS di Medan

Anggota komunitas skuter Sumsel berada di Kota Sabang. foto: istimewa--

oganilir.co - Sepuluh pemilik skuter Sumsel yang mengikuti acara Kumpul Bareng Skuter Sumatera (KBSS) di lapangan Astaka Pancing, Medan pada 20-21 Juli lalu, sebagian tidak langsung pulang ke Bumi Sriwijaya. Melainkan melanjutkan touring menuju Kota Sabang, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD). 

Hisyam cs bersama empat pemilik Skuter Sumsel melanjutkan perjalanan dari Medan menuju Kota Sabang. Rombongan touring ini meninggalkan Medan pada Ahad 21 Juli malam. Rute yang dilalui melintasi Kota Binjai, Sumut menuju Aceh Tamiang dan Banda Aceh.  

Tiba di Banda Aceh, rombongan menuju Pelabuhan Ulee Lheue yang berada di Kota Banda Aceh. Perjalanan dilanjutkan dengan naik kapal fery. Jarak dari Kota Bandaa Aceh menuju Kota Sabang menggunakan kapal fery ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Satu sepeda motor dan satu penumpang dikenakan tiket Rp68 ribu.

"Kalu boncengan, tarifnya Rp103 ribu," kata Hisyam kepada oganilir.co.

Hisyam cs menginjakkan kakinya di Kota Sabang. Rombongan touring ini berada di Kota Sabang selama 3 hari. Berada di Kota Sabang, rombongan touring ini diterima salah satu penghobi touring di kota tersebut. Yakni Bang Radi.

BACA JUGA:Perjalanan Touring Pemilik Skuter Sumsel Menghadiri KBSS di Medan

Bang Radi dikenal sebagai biker yang suka menampung bikers lainnya berbagai jenis merek sepeda motor. Mereka akan ditanggung menginap gratis dan makan minum. "Bang Radi ini usianya sudah di atas 50 tahun, hobinya menampung musyafir bikers yang touring ke Kota Sabang," tutur Hisyam. 

Usai berkunjung ke Kota Sabang, Hisyam cs nenyempatkan diri menikmati destinasi wisata di Banda Aceh. Salah satunya Museum Tsunami.

Dari Banda Aceh, peserta touring Skuter ini bertolak pulang. Rute yang ditempuh adalah melintasi Kabupaten Karo, Si Borong-Borong, dan mampir ke Danau Toba. Di Danau Toba ini, Hisyam cs menyeberang ke Pulau Samosir untuk menikmati keindahan alam pulau yang berada di tengah danau itu.

Selama beberapa hari di Danau Toba, rombongan melanjutkan perjalanan pulang ke Palembang lewat Padang. Karena terlalu capek melakukan touring Sumatera, rombongan ini melanjutkan perjalanan pulang dari Padang ke Palembang naik mobil fuso pembawa mobil profit tujuan Pulau Jawa.

BACA JUGA:Yamaha Nmax 2024, Skuter Matik yang Ditunggu Penggemar Otomotif

Satu penumpang dikenakan charge Rp200 ribu. Lima skuter diletakkan di bak belakang. Ada aturan bagi pengemudi fuso pembawa mobil profit ini. Yakni pada pukul 24.00 atau 00.00 tidak boleh melanjutkan perjalanan. Pengemudi harus tidur. Sepanjang perjalanan, pengemudi akan ditelepon pengawas untuk memastikan si sopir istirahat. 

"Sepanjang jalan, pak sopir selalu ditelepon pengawas, apalagi menjelang tengah malam," pungkas Hisyam. Rombongan touring Skuter Sumsel ini tiba di Palembang pada 7 Agustus 2024. 

Sumber: