Menghadap Jokowi, Risma Belum Ajukan Pengunduran Diri

Menghadap Jokowi, Risma Belum Ajukan Pengunduran Diri

Tri Rismaharini.--

JAKARTA, oganilir.co - Menteri Sosial Tri Rismaharini menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta.

Saat ini Tri Rismaharini mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Timur. Namun informasi yang beredar, mantan wali kota Surabaya dua periode itu belum mengajukan surat pengumduran diri sebagai mensos.

"Sampai dengan saat ini, Ibu Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial," kata Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana, kepada wartawan, Jumat 30 Agustus 2024.

Padahal, lanjut Ari, dalam pertemuan dengan Jokowi,  Risma melaporkan dirinya maju sebagai cagub Jawa Timur. Jokowi pun menghormati keputusan Risma.

"Pada prinsipnya, Presiden menghormati hak politik dari setiap warga negara, termasuk yang saat ini menjabat sebagai menteri atau kepala lembaga untuk dicalonkan oleh partai politik, sebagai bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah pada pemilukada 2024," ujarnya.

Ari menegaskan tidak ada kewajiban bagi seorang menteri untuk mundur dari jabatannya meski telah mendaftar sebagai calon kepala daerah. "Tapi, keputusan untuk mundur dari jabatan tersebut menjadi hak atau pilihan pribadi yang bersangkutan yang patut dihormati," imbuh Ari.

Sebelumnya, Risma terlihat keluar gerbang Istana Presiden, Jakarta pada Jumat (30/8), pukul 09.00 WIB. Dia membenarkan baru saja bertemu Jokowi.

"Iya," ujar Risma. Risma menjawab pertanyaan wartawan apakah ia bertemu Jokowi di Istana.

Risma tak menanggapi pertanyaan lain, dia bergegas memasuki mobilnya. Diketahui, Risma resmi mendaftarkan diri sebagai cagub Jawa Timur, memutuskan mundur sebagai Mensos.

"Mundur. Besok saya akan, Insyaallah, kalau bisa, minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri," kata Risma usai ziarah di Makam Mbah Bungkul, seperti dilansir detikJatim, Kamis (29/8).

Sumber: