KPU Berikan Kesempatan Masyarakat Tanggapi Keabsahan Bacalon Tingkatkan Kualitas Pemeriksaan Administrasi

KPU Berikan Kesempatan Masyarakat Tanggapi Keabsahan Bacalon Tingkatkan Kualitas Pemeriksaan Administrasi

--

KAYUAGUNG,oganilir.co - Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKI memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap keabsahan berkas bakal calon Bupati dan Wakil Bupati OKI, jelang penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati OKI pada 22 September mendatang. Pemberian tanggapan ini dimulai hari ini 15 September 2024 hingga 18 September 2024 nanti.

Ketua KPU OKI Muhammad Irsan melalui Divisi Penyelenggaraan, Antoni Ahyar mengungkapkan, masukan dan tanggapan dari masyarakat agar proses demokrasi bisa berjalan dengan baik." Mereka bisa memberikan tanggapan baik secara online maupun langsung ke Sekretariat KPU,"terangnya Minggu 15 September 2024.

Inikan berkaitan dengan validasi data dari dua Bapaslon yang maju pada kontestasi Pilkada OKI serentak yang bakal digelar 27 November mendatang.

Kalau untuk verifikasi administrasi dan ferivikasi faktual yang dilakukan di Silon sudah dilakukan dan semuanya lengkap. Berkas yang sebelumnya masih kurang semuanya sudah dilengkapi.

BACA JUGA:Komisioner KPU-Bawaslu Muratara Terancam Dipecat

BACA JUGA:Desk Pemilu Bukan Saingan KPU Mengetahui Hasil Pemilihan Umum

Nah tinggal lagi tanggapan dan masukan dari masyarakat mungkin adanya nantinya selama ini dibuka memberikan masukannya untuk para Bapaslon. Masyarakat mengecek secara online dengan cara scan kode barcode atau langsung menuju website dengan link https://acesse.one/3acix, atau bisa juga mendatangi Sekretariat KPU OKI.

Ditambahkannya, dalam website itu lengkap semua, mulai dari visi dan misi para paslon, juga ada form yang harus diisi oleh masyarakat yang ingin memberikan masukannya.

Misalnya tanggapan masyarakat terkait keabsahan seperti ijazah, kemudian apakah ada mantan narapidana dan lainnya yang bisa mereka lampirkan disana. 

Terpisah Kasubbag Teknis dan Penyelenggara Partisipasi sab Humas, Yudi Zulvani,berharap peran serta masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan demi peningkatan kualitas pemeriksaan administrasi pencalonan.

BACA JUGA:KPU Prabumulih Mulai Distribusikan Logistik Pemilu

BACA JUGA:Pilkada OKI Diluncurkan, KPU Perkenalkan Si Tikar Maskot Pilbup

Kalau ada masukan dan tanggapan masyarakat atau KPU meragukan keabsahan dokumen tersebut, maka dilakukan klarifikasi kepada instansi yang berwenang.

"Klarifikasi itu dilakukan bukan untuk mencari cari kesalahan tetapi memastikan bahwa setiap dokumen yang diserahkan oleh bakal pasangan calon lengkap dan absah,"tandasnya.

Sumber: