PEP Prabumulih Field Gagalkan Pencurian Aset Pipa di Pagar Dewa

PEP Prabumulih Field Gagalkan Pencurian Aset Pipa di Pagar Dewa

Pelaku Pencurian Pipa Pertamina --

OGANILIR.CO-Muara Enim-PT Pertamina EP (PEP) Prabumulih Field berhasil menggagalkan pencurian pipa 4 inch di jalur sumur PDW-22,  berlokasi di wilayah Pagar Dewa, Desa Pagar Dewa, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) pada Selasa 17 September 2024 lalu sekitar pukul 03.00 WIB.

Tim keamanan PEP Prabumulih Field berhasil menangkap pelaku berinisial BT (45 tahun), seorang warga setempat, saat mencoba mencuri pipa.

Selain behasil menangkap pelakunya, Tim keamanan PEP Limau Field berhasil mengamankan dua 20 potong pipa besi berukuran 4 inch dengan panjang masing-masing 4 meter dan dua (2) pipa berbentuk L. 

BACA JUGA:Pertamina EP Limau Field Berikan 60 Paket Alat Sekolah dan Tanam 500 Pohon

Keberhasilan ini merupakan hasil dari langkah proaktif yang sebelumnya dilaksanakan dengan peningkatan patroli di area tersebut dan melibatkan Tim Khusus (Timsus) Reaksi Cepat Prabumulih Field, BKO TNI dan BKO Polri. 

Termasuk tim gabungan, dan Reskrim Polsek Rambang Lubai, Pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polsek setempat untuk proses hukum lebih lanjut.

Kanit Reskrim Polsek Rambang Lubai, IPTU Deni, mengungkapkan bahwa tim Satreskrim akan melanjutkan penyelidikan untuk mencari empat tersangka lainnya yang terlibat dalam pencurian ini. 

BACA JUGA:Pipa Pertamina Bocor Hingga Terbakar, 3 Pelaku Diamankan

“Kami akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk menangkap semua pelaku yang terlibat,” kata IPTU Deni.

Senior Manager PEP Prabumulih Field, M. Luthfi Ferdiansyah, menyampaikan bahwa tindakan cepat dan tepat ini menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi antara sektor industri dan aparat penegak hukum dalam menjaga keamanan.

“Upaya menggagalkan pencurian ini, adalah hasil kerja keras dan koordinasi yang baik antara tim keamanan internal perusahaan dan pihak berwenang. Kami berkomitmen untuk melindungi objek vital nasional (Obvitnas) demi menjaga ketahanan energi nasional,” ujar Luthfi.

BACA JUGA:Siapkan Generasi Emas, Pertamina Energi Negeri 7.0 Bangun Semangat Pelajar SD

Lebih lanjut Luthfi juga menekankan pentingnya pengawasan terhadap aset operasional migas. “Kami akan terus meningkatkan pengamanan dan pencegahan, serta mengajak masyarakat untuk melaporkan kegiatan mencurigakan di sekitar fasilitas operasi migas,’’katanya .

Keberhasilan dalam menjaga keamanan aset migas merupakan salah satu langkah Perusahaan dalam mendukung upaya pemenuhan kebutuhan migas nasional, Tercatat hingga September 2024 produksi minyak PEP Prabumulih rata-rata sebesar 7.328 barel minyak per hari/BOPD dan gas rata-rata sebesar 108.2093 juta standar kaki kubik per hari/MMSCFD.

Sumber: