Luar Biasa, Pemuda Tulung Selapan Juara 3 Nasional Pemuda Pelopor

Luar Biasa, Pemuda Tulung Selapan Juara 3 Nasional Pemuda Pelopor

Yudi Pramata. Foto: istimewa--

KAYUAGUNG, oganilir.co - Yudi Pramata, sosok inspiratif asal Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini berhasil menjuarai ajang Pemuda Pelopor tingkat nasional tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). 

Proses seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Nasional tahun 2024, berlangsung dari tanggal 7-9 Oktober 2024 di Hotel Ciputra Jakarta. Seleksi ini diikuti oleh pemuda-pemudi dari berbagai provinsi di Indonesia, tepatnya 33 Provinsi, yang telah melalui tahap seleksi di tingkat daerah.

Sebelum dinobatkan sebagai terbaik 3 nasional, Yudi telah melalui berbagai penjurian, tingkat daerah hingga akhirnya mewakili Sumatera Selatan di ajang bergengsi tersebut.

"Yudi Pratama meraih Juara 3 Pemuda Pelopor Nasional 2024, Yudi merupakan Pemuda Pelopor yang mewakili Sumsel," kata M. Amin, kepala Dinas Pemuda dan Olahraga OKI, Rabu 9 Oktober 2024.

BACA JUGA:Polisi Temukan Senpi Airsoft Gun di Lokasi Tawuran Remaja Tulung Selapan, Kapolres OKI Janji Sidik

Terdapat lima bidang kepeloporan yang dilombakan tahun in.i Antara lain, bidang pendidikan, seni budaya, sumber daya alam, pangan dan inovasi teknologi. Yudi mewakili Sumsel di bidang Inovasi Teknologi berupa kapal pembersih sungai yang mampu mengangkut ratusan kilogram sampah selama dioperasikan 8 jam serta pesawat aeromodeling yang pernah membantu pemadaman kebakaran lahan pada 2021 lalu.

"Alhamdulillah keberhasilan ini tentu tidak lepas dari dukungan dan doa dari berbagai pihak seperti keluarga, Pemkab OKI, Pemprov Sumsel dan lainnya," kata Yudi.

Atas prestasinya, Yudi akan diundang ke Istana Negara pada upacara Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang untuk menerima penghargaan dan trofi.

Atas torehan prestasi ini, Yudi berharap dapat memacu motivasi para pemuda di Tulung Selapan untuk mengembangkan diri dan berprestasi.

Sumber: