5 Menteri Wanita di Kabinet Merah Putih, ini Profilnya

5 Menteri Wanita di Kabinet Merah Putih, ini Profilnya

Srimulyani Indrawati.--

JAKARTA, oganilir.co - Dari 50 menteri dan pejabat setingkat menteri, ada lima wanita yang diangkat Presiden Prabowo Subianto sebagai menteri pada Kabinet Merah Putih. Berikut profil singkat kelima wanita hebat tersebut.

1. Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan

Sri Mulyani bukan nama yang asing dan mengejutkan dalam jajaran menteri. Sri Mulyani sudah dipercaya untuk menjabat posisi ini di pemerintahan mantan presiden Joko Widodo. Pengalamannya yang pernah menjadi Managing Director World Bank pun tak perlu diragukan.

Sri Mulyani yang sering disebut Kartini Modern itu sebelumnya pernah mendapat gelar kehormatan Honoris Causa Doctor of Laws dari Australian National University (ANU) sebagai pengakuan atas kontribusi dan kerja keras dalam pembangunan ekonomi, baik di Indonesia maupun internasional.

2. ⁠Meutya Viada Hafid sebagai Menteri Komunikasi dan Digital

BACA JUGA:Presiden Prabowo Lantik Menteri-Wakil Menteri Beda Waktu

Meutya Viada Hafid mencetak sejarah sebagai wanita pertama yang berperan sebagai Menkominfo yang kini disebut Menteri Komunikasi dan Digital. Wanita yang dulu dikenal sebagai pembawa acara berita di Metro TV tersebut juga menjabat Ketua Komisi I DPR. Salah satu kiprahnya yang paling dikenal adalah ketika disandera ISIS saat meliput pemilu di Irak bersama rekannya, Budiyanto sebelum dibebaskan seminggu kemudian.

Setelah berkarier di televisi, wanita 46 tahun tersebut memilih untuk terjun ke dunia politik dengan bergabung dengan Partai Golkar di mana ia menjabat sebagai Ketua DPP Golkar. Sebagai salah satu dari sedikit politikus wanita, Meutya sering kali mengungkap aspirasinya dalam memperjuangkan hak-hak sesama.

3. Rini Widyantini sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Rini Widyantini menggantikan Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Ia sendiri bukan nama baru dalam kementerian tersebut karena pernah bekerja di sana sebagai Analis Kebijakan Pada Asisten Deputi Urusan Pelaksanaan Kebijakan pada 1997. Rini memiliki pengalaman kerja yang panjang, mulai dari Kepala Subbidang Penyusunan Kebijakan Kelembagaan Non Departemen hingga Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian PANRB dan Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana.

BACA JUGA:Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Prabowo-GIbran, Ada 7 Menko

Rini Widyantini sendiri merupakan wanita kelahiran Bandung pada 29 Mei 1965. Ia kuliah di Universitas Padjadjaran dan meneruskan studi di The Flinders University of South Australia untuk mendapat gelar Master of Publik Manajemen.

Sumber: