Ingin Laptop Awet dan Tidak Mudah Rusak, Begini Tipsnya!

Ingin Laptop Awet dan Tidak Mudah Rusak, Begini Tipsnya!

--

3. Jangan paksa jalankan Aplikasi atau Game berat

Jadi, software aplikasi atau game itu, masing masing punya spesifikasi requirement, ada minimum dan recomendasi spesifikasinya.

BACA JUGA:7 Tips Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Mengkilap Saat Musim Kemarau

BACA JUGA:5 Tips Merawat Smartphone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama, Gak Harus Mahal

Kalau spesifikasi laptop yang dimiliki tidak masuk kedalam spesifikasi requirement sebaiknya jangan diinstal, karena sudah di pastikan tidak akan berjalan dengan lancar. 

4. Jaga kebersihan

Hindari main laptop di permukaan yang kotor. Terkadang kita suka lupa untuk membersihkan meja dan langsung meletakkan laptop diatasnya. Debu-debu itu akan masuk dan berkumpul didalam laptop dan membuat laptop menjadi panas dan overheat.

yang perlu diingat, laptop tidak dapat membersihkan dirinya sendiri, walaupun di tahun 2023 ini sudah ada beberapa laptop yang memiliki fitur self cleaning, tetapi itu tetap tidak optimal.

BACA JUGA:3 Tips Jitu Merawat Layar Touchscreen Agar Ponsel Awet dan Tahan Lama

BACA JUGA:12 Tips Agar Motor Hemat BBM Saat Perjalanan Jauh, Hindari Idle Terlalu Lama dan Kontrol Beban

5. Perhatiin suhu Laptop dan harus peduli

Pada saat laptop sedang digunakan, Suhu nya sudah pasti akan melonjak walaupun tidak selalu tinggi. Tetapi, lama-kelamaan suhu puncaknya akan semakin tinggi seiring dengan penggunaan.

Untuk beberapa laptop yang digunakan untuk gaming, editing, dan rendering. Suhunya akan lebih cepat panas dan overheat walaupun tidak sampai 2 atau 3 tahun.

Sumber: