Disdik Sumut Bekali Siswa Kelas XII yang Akan Masuk PTN, Gelar Webinar Bareng Ganesha Operation

Disdik Sumut Bekali Siswa Kelas XII yang Akan Masuk PTN, Gelar Webinar Bareng Ganesha Operation

Peserta webinar Disdik Sumut kerja sama dengan Ganesha Operation. o: --

MEDAN, oganilir.co - Bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terhadap siswa kelas XII SMA sederajat dilakukan dengan menggelar pembekalan untuk masuk ke PTN. Pembekalan yang dilakukan tidak lain untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi di wilayah Sumut.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, Abdul Haris Lubis mengatakan webinar yang digelar bersama Ganesha Operation, (24/10), melibatkan siswa kelas 12 SMA/SMK, guru, dan orang tua di Sumatera Utara. webinar itu agar para siswa mendapatkan wawasan dan strategi tepat dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi perguruan tinggi negeri (PTN), dan perguruan tinggi kedinasan (PTK).

"Webinar ini sangat relevan di tengah persaingan global yang makin ketat. Webinar memiliki tujuan mulia, yaitu membekali para peserta, khususnya siswa, dengan strategi tepat menghadapi UTBK-SNBT 2025," kata Haris Lubis. 

BACA JUGA:Luar Biasa !, 110 Siswa SMAN 1 Indralaya Lulus PTN

Prof Bob Foster, Direktur Utama Ganesha Operation memaparkan konsep inovasi, dalam proses pembelajaran melalui pendekatan revolusi belajar.

Dia menjelaskan pentingnya keseimbangan penggunaan otak kiri dan kanan dalam pembelajaran. Otak kiri bertanggung jawab atas memori jangka pendek (short-term memory), sementara otak kanan berperan dalam memori jangka panjang (long-term memory).

“Jika kedua sisi otak digunakan secara seimbang, hasil belajar akan jauh lebih maksimal,” kata Prof. Bob dalam paparannya.

Selain berbicara tentang strategi belajar, Prof. Bob juga memaparkan beberapa pencapaian membanggakan dari sekolah dan siswa di Sumatera Utara. SMA Unggul Del Laguboti berhasil meraih predikat sebagai sekolah dengan rerata nilai TOBK tertinggi di provinsi Sumatera Utara.

BACA JUGA:40 Persen Siswa SMAN 1 Indralaya Didaftarkan Jalur Undangan PTN

Ada dua siswa MAN 1 Medan yaitu Alia Nur Azzura dan Atifah Bur Ihsan, berhasil menjadi siswa dengan perolehan nilai TOBK tertinggi se-Provinsi Sumut pada TOBK Nasional GO Agustus 2024, yang diikuti 229.024 siswa.

Prof Bob juga memperkenalkan program GO Expert serta Formula 3B (Belajar, Berlatih, Bertanding) dalam menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi. Dengan metode tersebut, siswa tidak hanya dibekali dengan pengetahuan teoritis, tetapi juga dilatih melalui simulasi dan latihan intensif yang memberikan pengalaman nyata menghadapi ujian.

"Ambillah keputusan yang tepat, belajar dengan serius, berlatih terus-menerus, dan bertanding dengan percaya diri. Dengan begitu, adik-adik akan menjadi orang yang sukses di masa mendatang," pesan Prof. Bob menutup sesi webinar. (rdo/jpnn/dom)

 

Sumber: