Jalan Tol Trans Sumatera. Urat Nadi Baru Ekonomi Warga ke Pulau Jawa, Pengusaha Pempek Sangat Terbantu

Jalan Tol Trans Sumatera. Urat Nadi Baru Ekonomi Warga ke Pulau Jawa, Pengusaha Pempek Sangat Terbantu

--

Keberadaan jalan Tol Trans Sumatera memberikan berkah bagi sebagian besar masyarakat di propinsi propinsi yang ada di pulau ini.

 

Bagaimana tidak, dengan adanya Jalan Tol Trans Sumatera memberikan kemudahan akses, kecepatan distribusi barang dan jasa antar propinsi dan antar pulau.


Banyak komoditi pertanian dan perkebunan selama ini hilir mudik antar propinsi dan antar pulau menjadi lebih cept proses pendistribusiannya.


Produk produk pertanian seperti cabai, sayur mayur , padi, singkong , pisang dan hasil panen lainnya banyak dikirim ke Jabodetabek dari propinsi asal seperti Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumsel dan lampung.

BACA JUGA:Sejarah Tol Pulau Sumatera, Berawal Dari Kota Palembang , Kini Dibangun di 6 Propinsi


Dalam sebuah wawancara singkat dengan sopir truk pengakut cabai dari Tanah Datar Sumatera Barat , Uda Safril di rest area KM 234  jalan tol Lampung beberapa waktu lalu. Dirinya mengatakan sangat terbantu dengan keberadaan tol Palembang Lampung ini.


Menurutnya cabai yang dia bawa dari Tanah Datar harus sampai dalam waktu tempuh 3 hari.

 

Jika tidak cabai yang dibawanya ke Pasar Induk Kramat Jati ini akan busuk di jalan jika melebihi waktu pengiriman.


Dia mengaku, dengan adanya Tol Palembang Lampung ini memangkas jarak tempuh pengiriman hasil komoditi cabai dari Sumbar ke Jakarta dengan waktu tempuh kini hanya 28-30 Jam saja.

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu, Tol Pertama di Pulau Sumatera , Tol Palembang Indralaya


Uda Safril berharap pembangunan Tol Trans Sumatera ini bisa dilanjutkan hingga ke Propinsi Jambi atau bahkan menyambung ke Sumatera Barat.


Hal yang sama diungkapkan oleh para pengusaha Pempek dari Palembang. Keberadaan Tol Palembang .


Tol Palembang Bakaheuni yang kini bisa ditempuh dengan waktu perjalanan kurang lebih 5 jam sangat membantu dalam proses pengiriman produk pempek dan turunannya ke pelanggan dan reseller mereka di wilayah Jabodetabek.


Yenny Anggraeni Owner Pempek Cek Molek mengaku sangat terbantu dengan keberadaan Tol Palembang Lampung ini.

BACA JUGA:Tol Indralaya-Prabumulih yang Miliki 20 Jembatan, dari Palembang ke Prabumulih Cuma Satu Jam


Jika sebellumnya, proses pengiriman produk pempek harus menggunakan jasa kargo pesawat udara, saat ini nisa mneggunakan jasa ekspedisi via darat untuk pengiriman ke tujuan Jabodetabek.


Yenny yang juga Ketua Asosiasi Penguasaha Pempek (ASPPEK) ini mengaku semua anggotanya yang berjumlah ratusan pengusaha, saat ini memilih menggunakaan ekspedisi jaliur darat untuk pengiriman pempek ke pelanggan dan reseler wilayah Jabodetabek.


Menurutnya faktor harga kirim yang lebih murah dibanding pengiriman kargo udara, juga waktu tempuh pengiriman yang juga hanya 6-8 jam dari Palembang ke Jabodetabek.


Pempek sebagai produk olahan khas Palembang memang hanya memiliki umur pendek jika berada di suhu ruang.

BACA JUGA:Kue Jalat. Kudapan Khas Ogan Ilir Berbahan Singkong Dengan Harga Hanya Seribuan


 Waktu pengiriman yang cepat hingga ke tangan konsumen atau reseler yang lebuh cepat akan membuat Pempek bisa disimpan di kulkas /freezer agar tidak gampang rusak.


Selain membantu percepatan distribusi barangdan jasa, keberadaan jalan tol Trans Sumatera ini juga membantu perjalanan masyarakat masuk dan keluar Pulau jawa dan sebaliknya

.
Perusahaan oto Bus dan travel mendapat rejeki tersendiri dengan adanya Tol Trans Sumatera.

 

Warga sebagian memilih menggunakan Bus atau Travel saat ke Pulau Jawa dengan alasan lebih ekonmis dibanding tiket pesawat.

BACA JUGA:Bapak Mendagri Tito Karnavian. Kapan Pol PP Honorer Diangkat Jadi PNS ?


Waktu tempuh yang menjadi lebih siingkat dibanding sebelum ada Jalan tol juga menjadi pertimbangan.


Sebagai contoh, sebelum ada jalan tol, waktu tempuh dri kota Palembang ke Jakarta kurang lebih 15 Jam. Saat ini dengan melewati ruas tol waktu tempuh bisa 8-10 Jam saja.

Sumber: