Ribuan Umat Budha Peringati Hari Raya Waisak di Candi Borobudur

Ribuan Umat Budha Peringati Hari Raya Waisak di Candi Borobudur

Umat Budha berkumpul di Candi Borobudur merayakan Hari Raya Waisak, Ahad 4 Juni 2023. foto: yessy artada/jpnn.com--

Ribuan Umat Budha Peringati Hari Raya Waisak di Candi Borobudur

MAGELANG, oganilir.co - Hari Raya Waisak yang jatuh hari ini Ahad 4 Juni diperingati umat Budha di Candi Borobudur. Ribuan umat Budda telah merayakan hari Waisak di salah satu keajaiban dunia itu.

Ribuan umat Budha dari berbagai Tanah Air dan luar negeri berkumpul di Candi Borobudur sejak 07.00 WIB. Sebelumnya, umat Budha melakuka kirab atau long march dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur pukul 06.30 WIB.

Puncak Waisak berlangsung dengan khidmat pada pukul 10.41.19 WIB di Candi Borobudur. Menjelang detik–detik Waisak pukul 10.41.19 WIB 2567 BE Tahun 2023 ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali dan pemercikan air suci, membacakan paritta Jayanto. Kemudian pukul 10.50 WIB meditasi selesai, yang ditandai dengan pemukulan gong satu kali.

Usai meditaisi, acara dilanjutkan dengan pesan Waisak oleh Guru Vajradhara H.H. Chamgon Kenting Taisitupa Rinpoche ke-12 secara virtual. Rangkaian perayaan Waisak bakal dilanjutkan dengan event Pelepasan Lampion (Lantern Night).

BACA JUGA:Baru Rencananya, Pembatasan Wisatawan yang Naik ke Candi Borobudur, 1.200 Orang per Hari, Masih Terus Dikaji

Momen ini memiliki makna melangitkan doa dan harapan untuk kebaikan sesama dan semesta.

Ketua Umum DPP Walubi Hartati Murdaya mengatakan bahwa pelepasan lampion sebagai simbol melepaskan hal-hal negatif dalam diri umat manusia. 

"Lampion yang dilepaskan menjadi simbol yang sakral untuk melepaskan hal-hal negatif di dalam diri setiap umat manusia. Momen ini menjadi simbol harmonisasi semua umat di atas segala perbedaan. Ribuan lampion akan diterbangkan di atas langit Borobudur pada 4 Juni 2023, menandai Puncak Perayaan Waisak 2023," kata Hartati Murdaya. Acara pelepasan lampion akan berlangsung mulai pukul 19.00-23.30 WIB. Adapun jumlah Lampion yang akan dilepaskan pada moment Waisak tahun ini sebanyak 2.567 Lampion.

Masyarakat umum yang ingin menyaksikan pelepasan lampion ini dengan membeli tiket yang telah disediakan oleh panitia bagi wisatawan mancanegara Rp50 ribu, sedangkan bagi wisatawan nusantara Rp25 ribu.

Sumber: