Yuk, Kenali Gejala Hepatitis A dan Cara Pencegahannya

Yuk, Kenali Gejala Hepatitis A dan Cara Pencegahannya

Ilustrasi.--

Yuk, Kenali Gejala Hepatitis A dan Pencegahannya

oganilir.co - Penyakit hepatitis A menyebabkan peradangan pada hati. Banyak orang bertanya, apakah penyakit hepatitis A itu berbahaya? Seseorang yang mengidap penyakit hepatitis A akan diketahui dalam beberapa bulan. Namun memiliki kemungkinan untuk bisa sembuh total.

Dalam kasus tertentu, seorang yang mengidap hepatitis A bisa mengalami gagal hati dan kematian. Untuk memahaminya, ketahui bahaya penyakit hepatitis A dan cara mencegahnya.

Penyakit hepatitis A itu berbahaya? Dilansir dari CDC, hepatitis A merupakan penyakit yang umumnya berlangsung dalam jangka waktu yang cukup singkat dan tidak menyebabkan kondisi yang lebih serius. Penderita hepatitis A umumnya akan merasa sakit dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan, namun akan sembuh total dan tidak akan mengalami kerusakan hati yang serius. Meskipun begitu, hepatitis A bisa menyebabkan gagal hati.

Cleveland Clinic menyebutkan bahwa gagal hati adalah kondisi yang menyebabkan kerusakan pada sebagian besar organ hati. Kondisi ini memerlukan tindakan medis dengan segera, dan beberapa penderita perlu melakukan transplantasi hati untuk bertahan hidup. Jika tidak diatasi dengan segera, kondisi ini bisa mengancam nyawa. Meskipun begitu, kasus gagal hati karena hepatitis A sangat jarang terjadi dan umumnya hanya menyerang penderita dengan gangguan kesehatan lainnya, seperti:

BACA JUGA:Tauge Bukan Sembarang Tauge, Ini 7 Manfaat Tauge Untuk Kesehatan

- Mengidap HIV

- Mengonsumsi imunosupresan

- Memiliki gangguan hati kronis

Mengidap HIV Mengonsumsi imunosupresan

Memiliki gangguan hati kronis Selain itu, orang-orang yang memiliki usia lebih tua juga bisa mengalami gagal hati akut yang lebih serius karena hepatitis A.

Penderita hepatitis A umumnya bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan khusus. Meskipun begitu, banyak penderita yang tidak mengalami gejala apapun sehingga secara tidak sadar menularkan hepatitis A kepada orang lain.

Ada beberapa cara menurut HHS mencegah hepatitis A yang bisa dilakukan, seperti:

- Mencuci tangan hingga bersih sebelum memasak atau makan

Sumber: