Calon Ibu Wajib Tahu, ini Cara Merawat Bayi

Calon Ibu Wajib Tahu, ini Cara Merawat Bayi

Bayi.--

Bayi disarankan tidur telentang di bawah usia 8 bulan. 

5. Menyusui Bayi Baru Lahir

Memberikan air susu ibu (ASI) pada bayi merupakan hal yang tidak boleh terlupakan bagi para ibu. Air susu ibu (ASI) sangat penting bagi bayi, karena ASI merupakan makanan terbaik dan bergizi untuk bayi dan menyusui juga baik untuk kesehatan para ibu. 

Saat menyusui, pastikan posisi Bunda baik dan nyaman. Jangan membawa payudara ke bayi, sebaliknya bawa bayi ke payudara Bunda, sehingga dia tahu bagaimana cara melakukan pelekatan. 

Bagi bayi yang membutuhkan susu formula, gunakan takaran 60 hingga 90 ml setiap kali menyusui selama tiga atau empat jam kali dalam beberapa minggu pertama.  

6. Cara mandi bayi baru lahir

Bayi yang baru lahir tentu sensitif terhadap kulitnya. Disarankan selama satu minggu pertama atau lebih, ibu memberi bayi mandi busa. Gunakan kain lembut dan air hangat untuk memandikan bayi. 

BACA JUGA:Bikin Geger, Siswi Melahirkan dan Buang Bayi saat Ujian Sekolah Berlangsung dan Selanjutnya Pulang ke Rumah

Ibu juga bisa mencuci muka, tangan, dan area genital bayi dengan air hangat, terutama setelah mengganti popok. 

7. Bersihkan Tali Pusat Secara Perlahan

Selama 9 bulan bayi di dalam kandungan ibu, memperoleh makanan dan vitamin dari tali pusat ibu. Saat lahir, tali pusat akan putus karena tidak diperlukan lagi. Akan terdapat sisa potongan dari tali pusat bayi. 

Sisa potongan tali pusat ini akan putus antara seminggu hingga sebulan. Jika ibu melihat warna kuning pada tali pusat bayi, itu adalah hal wajar. Karena itu normal. 

Selama merawat tali pusat, pastikan ibu menjaga area tersebut tetap kering dan bersih setiap saat. Jangan pernah mencoba menghilangkan tunggul pusat, biarkan itu putus sendiri.

Sumber: