Catat, ini Waktu Ideal Mengganti Oli Motor Matic

Catat, ini Waktu Ideal Mengganti Oli Motor Matic

Honda BeAt. foto: dendi romi/oganilir.co--

Catat, ini Waktu Ideal Mengganti Oli Motor Matic

oganilir.co - Penggantian oli pada motor telah tercantum pada buku servis yang didapat saat membeli motor. Biasanya estimasi jarak pergantian oli motor matic adalah per 1.000 sampai 2.000 kilometer. Tapi jika motor lebih sering digunakan dan melintasi kemacetan, sebaiknya penggantian oli motor matic dilakukan lebih sering karena mesin tetap bekerja saat motor dalam keadaan diam di tengah kemacetan.

Pada motor matic terdapat satu lagi oli yang harus diganti,  yaitu oli transmisi. Untuk penggantian oli transmisi atau oli gardan, estimasi jarak yang diperlukan untuk mengganti oli ini adalah per 8.000 samai 12.000 kilometer. Tergantung seberapa sering menggunakan motor matic. Oli tranmisi ini penting untuk diperhatikan karena oli akan menjaga mesin di bagian CVT supaya tetap halus dan tidak mengeluarkan bunyi bising pada boks CVT. 

Memperhatikan kondisi oli

Selain melakukan pengantian berkala oli juga harus diperhatikan kondisinya karena oli motor matic juga dapat menguap dan volume olinya berkurang.

Cara melihat kondisi oli motor matic dengan melalui dipstick, apabila volume oli berkurang dan terdapat gram-gram (serpihan halus dari besi) disarankan untuk langsung mengganti oli dengan yang baru.

 

Sumber: