Hari Ayah Sedunia Jatuh Pada Bulan Juni, Begini Sejarahnya

Hari Ayah Sedunia Jatuh Pada Bulan Juni, Begini Sejarahnya

Ilustrasi.--

oganilir.co - Ayah dikenal sebagai seorang pemimpin di dalam rumah tangga. Ketika kita lahir, ayah adalah orang yang paling bahagia selain ibu. Ayah juga mampu memberi dan mengatur batasan dalam rumah. Sehingga pekerjaan ibu menjadi lebih ringan. 

Jika Hari Ayah Nasional diperingati pada tanggal 12 November, maka lain halnya dengan Hari Ayah Internasional. 

Dilansir dari National Today, Hari Ayah Internasional diperingati pada setiap hari minggu ke-3 di bulan Juni, yaitu pada tanggal 18 Juni 2023. 

Pada setiap hari peringatan tersebut, seluruh anak di dunia dapat mengungkapkan rasa kasih sayang dan cinta yang tulus kepada ayahnya. 

Dodd, Pencetus Lahirnya Hari Ayah Sedunia 

Dikutip dari LiveScience, Hari Ayah Sedunia berawal dari seorang anak yang bernama Sonoran Smart Dodd. Sonora Smart Dodd lahir di Kota Sebastian, Arkansas, AS pada tahun 1882. 

BACA JUGA:Sengketa Batas Wilayah, Bupati Banyuasin Tegaskan Patuh Aturan

Pada bulan Mei 1909 Dodd mendengarkan sebuah pidato hari ibu di gereja. Ibu Dodd meninggal saat Dodd berusia 16 tahun.

Ayah Dodd adalah seorang veteran Perang Sipil yang mengurus Dodd beserta adik-adiknya, setelah kematian ibunya. Dodd berkeinginan untuk memberikan sebuah ucapan terima kasih kepada ayahnya. 

Melalui pidato itulah yang menghantarkan Dodd untuk menetapkan sebuah hari perayaan untuk ayahnya.

Awalnya Dodd ingin menetapkan Hari Ayah bertepatan dengan hari ulang tahun ayahnya, yaitu pada tanggal 19 Juni. Dodd mengajukan petisi bahwa ia ingin mengajak semua orang untuk mengakuinya sebagai hari ayah dan menjadi hari libur. Namun butuh waktu yang lama sehingga pada akhirnya Hari Ayah Sedunia pertama kali dirayakan pada tanggal 19 Juni 1910 menurut Konvensi Regional Spokane dan Biro Pengunjung 

Mereka yang masih mempunyai ayah di dunia akan memberikan bunga awar merah. Jika ayah telah meninggal, maka sang anak akan memberi bunga mawar berwarna putih. 

BACA JUGA:Calon Ibu Wajib Tahu, ini Cara Merawat Bayi

Terdapat 75 negara telah mengakui hari ayah sedunia, seperti negara Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Pakistan, Malaysia, Turki, dan lainnya. Kapan Indonesia?

Sumber: