Desa Tanjung Miring Wakil Lomba Posyandu Berprestasi dan PHBS Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2023

Desa Tanjung Miring Wakil Lomba Posyandu Berprestasi dan PHBS  Tingkat Provinsi  Sumsel Tahun 2023

Lomba Posyandu dan PHBS Desa Tanjung Miring--

Desa Tanjung Miring Wakil Lomba Posyandu Berprestasi dan PHBS  Tingkat Provinsi  Sumsel Tahun 2023

OGANILIR.CO-Desa Tanjung Miring Kecamatan Rambang Kuang  mewakili Kabupaten Ogan Ilir pada lomba Penilaian Lomba Posyandu Berprestasi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  Tingkat Provinsi Sumsel tahun 2023.

Acara penilaian lomba tersebut dihadiri Wakil Bupati Ogan Ilir H Ardani S.H M.H didampingi Ketua I TP PKK OI Ibu Hj Faizah Ardani, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah Pemkab Ogan Ilir terkait, Camat Sekabupaten Ogan Ilir Kades setempat .

Penilaian lomba Posyandu Berprestasi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  dilakukan langsung Oleh Tim Penilai Dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

BACA JUGA:DPR Akan Sahkan RUU Kesehatan, Massa Gelar Aksi di Senayan

Wakil Bupati H. Ardani mengatakan, posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan di selenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penururan angka kematian ibu dan bayi.

“Jadi sudah jelas bahwa Posyandu pada intinya untuk menjaga kesehatan dan penurunan angka kematian ibu dan bayi,’’kata Wabup H Ardani.

Sedangkan tujuan PHBS sendiri kata Wabup H Ardani,  untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat serta meningkatkan peran serta aktif masyarakat termasuk dunia usaha dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di desa tanjung miring ini.

BACA JUGA:Catat, ini 4 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

“Jadi antara Posyandu dan PHBS keduanya  tidak bisa berdiri sendiri, ada keterkaitan satu sama lainnya dalam sisi kesehatan,’’ujarnya.

Oleh karenanya, dalam penilaian lomba posyandu dan PHBS Desa Tanjung Miring Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir mendapat nilai yang sesuai dengan kriteria penilaian.

“Kita berharap Desa Tanjung Miring dapat mewakili  provinsi untuk maju ke tingkat nasional " Harapnya

BACA JUGA:5 Manfaat Tomat, Nomor 3 Menjaga Kesehatan Jantung

Masih kata Wabup H Ardani, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan penilaian dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel ke Desa Tanjung Miring (Sid)

Sumber: