Tak Ada Alat Deteksi Gas Alami di Desa Buluh Cawang OKI, DLH Sarankan Koordinasi ESDM Provinsi

Tak Ada Alat Deteksi Gas Alami di Desa Buluh Cawang OKI, DLH Sarankan Koordinasi ESDM Provinsi

Ilustrasi, foto istimewa--

Tidak Ada Alat Deteksi Gas Alami di Desa Buluh Cawang OKI, DLH Sarankan Koordinasi ESDM Provinsi

 

KAYUAGUNG, oganilir.co - Gas alami yang keluar pada sumur bor milik warga di Desa Buluh Cawang, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan membuat heboh masyarakat. 

 

Langsung dilakukan pengecekan oleh pemerintah Kabupaten OKI, yakni melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ke lokasi, Selasa 18 Juli 2023.

 

Rupanya dari tim DLH ke lokasi itu memang benar apabila menyalakan api ke aroma bau gas yang keluar dari lubang sumur bor itu. Hasilnya, gas itupun terbakar hingga terus mengeluarkan api.

 

Dikatakan Kepala DLH Kabupaten OKI, Aris Panani SP MSi melalui bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Trisna Amijaya ST, bahwa timnya langsung ke lokasi setelah mengetahui kejadian itu. Setelah dilakukan pengecekan disana, maka disarankan pihak Desa untuk berkoordinasi dengan ESDM Provinsi Sumsel. 

BACA JUGA:Sumur Bor Diduga Mengeluarkan Gas Muncul di Desa Buluh Cawang OKI

 

Yakni dengan alasanya, pihaknya tidak mempunyai alat untuk mendeteksi gas alam yang mengeluarkan bau tersebut. 

 

"Kemarin kami ke lokasi gas itu, iya ada bau gas. Karena kita tidak ada alat deteksinya, yakni untuk kebenaran itu apakah gas berbahaya tidaknya. Maka kita sarankan untuk koordinasi ke ESDM Provinsi," terang Trisna

Sumber: