Dandim 0402/OKI-OI Bersama Danrem 044/Gapo, Lakukan Simulasi Karhutla

Dandim 0402/OKI-OI Bersama Danrem 044/Gapo, Lakukan Simulasi Karhutla

foto istimewa--

Dandim 0402/OKI-OI Bersama Danrem 044/Gapo, Lakukan Simulasi Karhutla

 

INDRALAYA, oganilir.co – Dalam rangka "Simulasi Pemadaman Api dan Apel Gelar Kesiapsiagaan Karhutla" yang bertempat di PTPN 7 Cinta Manis Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir, Jumat, 1 September 2023.

Komandan Kodim 0402/OKI-OI Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane terima kunjungan Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, SIP MSi MTr (Han), guna melakukan bersama simulasi Karhutla.

Danrem 044/Gapo Brigadir Jenderal TNI  M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han) mengatakan,  tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengecek kesiapan personel maupun materil dalam menghadapi Karhutla di wilayah jajaran Kodam II/Sriwijaya.

"Ini juga untuk mengoptimalkan peran fungsi tugas dan tanggung jawab masing-masing dinas instansi terkait (TNI, POLRI, BPBD, Manggala Agni, Damkar PT dan kelompok tani)," ujarnya.

BACA JUGA:Cegah Karhutla, Kodim 0402/OKI Gelar Rapat Antisipasi dan Apel Kesiapsiagaan

Lanjutnya, juga termasuk peralatannya dalam penanggulangan Karhutla yang perlu disiapkan dalam penanggulangan.

"Pelaksanaan penanganan Karhutla di lapangan banyak sekali mengalami kendala, salah satunya adalah keterbatasan sarana air atau sumber air di lokasi kebakaran hutan dan lahan," tegasnya.

Maka oleh karena itu, sambung dia, tentunya hal ini akan memperlambat proses pemadaman api.

"Kami beserta instansi terkait akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam mengantisipasi bencana karhutla ini," ungkap Dandim.

BACA JUGA:Kunjungi Kodim 0402 OKI, Penyuluh Hukum Kumdam II Sriwijaya Lakukan Penyuluhan

Dia menambahkan,  yakni guna menciptakan udara yang bersih bagi masyarakat khususnya diwilayah PTPN 7 Cinta Manis, di Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir.

Dalam kegiatan itu, turut hadir juga Kasi Ops Kasrem 044/Gapo, Kapenrem 044/Gapo, Pasi Ops Kodim 0402/OKI, Danramil 402-06/ Tanjung Batu, Danunit Intel Kodim 0402/OKI, Kapolsek Tanjung Batu.

Kemudian, Asisten 1 Kabupaten Ogan Ilir, Wakil Dirut PTPN 7, Direktur Produkso PTPN 7, Kadif PTPN 7, Kadif Ops PTPN 7, Kepala BPBD Kabupaten Ogan Ilir, beserta Instansi terkait lainnya.

Sumber: