Ratusan Calon Kepala Desa di Ogan Ilir Berkumpul, Siap Kalah dan Siap Menerima Kekalahan

Ratusan Calon Kepala Desa di Ogan Ilir Berkumpul, Siap Kalah dan Siap Menerima Kekalahan

Ratusan calon kepala desa di Ogan Ilir berkumpul siap kalah dan siap menerima kekalahan di Mapolres Ogan Ilir, Selasa, 4 Oktober 2022. foto : Hetty/oganilir.co.--

OGAN ILIR, OGANILIR.CO -  Bupati OGAN ILIR, Panca Wijaya Akbar berharap kondusifitas pelaksanaan Pilkades Serentak di 588 Desa di kabupaten OGAN ILIR, Selasa, 4 Oktober 2022.

Kondusifitas itu, Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar berkaitan dengan nama baik keluarga calon Kades, desa, Kabupaten Ogan Ilir, dan juga nama Provinsi Sumatera Selatan.

Deklarasi Damai Pilkades Serentak dipusatkan di Halaman Mapolres Ogan Ilir, Selasa, 4 Oktober 2022. Seluruh calon kepala desa mengikuti Deklarasi Damai siap kalah dan siap menerima kekalahan

"Tag line Deklarasi Damai ini adalah siap kalah dan siap menerima kekalahan," tegas upati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar. 

BACA JUGA:Kapolri Copot Kapolres Malang, Buntut Tragedi Kanjuruhan, Penggantinya AKBP Putu Kholis Arya

"Tahapan Pilkades saat ini sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat, supaya menyalurkan suaranya pada pelaksanaan tanggal 15 Oktober nanti," katanya.

Kemudian, pada tanggal 13 Oktober akan dilakukan pendistribusian logistik ke desa-desa yang menyelenggarakan Pilkades Serentak. Untuk masa tenang akan dilakukan pada tanggal 12 Oktober mendatang.

"Himbauan kita kepada masyarakat supaya dapat memberikan hak suaranya pada Pilkades nanti. Dan diharapkan akan mendapatkan pemimpin yang benar-benar pilihan untuk membangun desanya," harapnya.

Sementara itu, Kapolres Ogan Ilir, AKBP Andi Baso Rahman mengatakan, Polres Ogan Ilir akan menstandby-kan 360 personel ditambah BKO Polsek jajaran yang ada di wilayah Ogan Ilir untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades Serentak.

BACA JUGA:Mahasiswa UIN Raden Fatah Disiksa Senior, Rusdi: Anak Saya Disundut Rokok, Untung Tidak Buta!

"Kita juga akan standby-kan personel Brimob yang ada di wilayah Ogan Ilir serta dari Brimob Polda Sumsel," sebutnya. Andi Baso menambahkan, pihaknya juga meminta bantuan kepada tokoh-tokoh masyarakat yang ada di desa tersebut, untuk menjaga dan melaporkan apabila ada hal-hal yang berpotensi mengganggu jalannya pelaksanaan Pilkades Serentak di Ogan Ilir. 

Seperti diberitakan, Pilkades Serentak di Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan otomatis dibatalkan. Tapi akan ada gelombang kedua, paska mundurnya seorang calon kepala desa.

Ini terjadi paska heboh salah satu calon kepala desa mendadak mundur. Calon yang mundur itu sudah ada nomor urut, yaitu 2. Atas nama Tin Isnainin. Tin Isnainin mundur membuat pelaksanaan pesta demokrasi di desa tersebut, batal dilaksanakan, karena sesuai aturan calon tunggal alias lawan tabung kosong tidak boleh.

Jika merujuk Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2022, pada pasal 54 Ayat 3, Cakades yang masih ada dapat mengikuti Pilkades pada gelombang selanjutnya. Yaitu gelombang kedua. Cakades yang mundur kena blacklist. Secara otomatis, untuk tahapan Pilkades akan mulai lagi dari nol.

Sumber: