Cendawan Nematofagus, Mampu Mencegah Parasit Kerbau

Cendawan Nematofagus, Mampu Mencegah Parasit Kerbau

foto dokumen --

Kemudian katannya, langsung dipakai di padang gembalaan atau rumput dengan cara bolus dihancurkan dahulu lalu disebarkan di padang gembalaan pada sore menjelang malam hari. Pemberian dilakukan empat kali sebulan dengan dosis satu bolus untuk 4 m2

Dikatakannya, formulasi bolus ini bekerja dengan dua cara, yakni pertama bolus yang mengandung spora dan klamidospora yang telah dikonsumsi ternak masuk ke dalam saluran pencernaan, dan kemudian pada akhirnya akan disekresikan bersama feses di padang gembalaan atau rumput. 

BACA JUGA:Percaya Dijanjikan Jadi Honor, karena Terlapor Dosen, Korban Rugi Rp49 Juta, Diduga Masih Ada 7 Korban Lain

Kemudian yang kedua, bolus yang telah dihancurkan disebarkan langsung pada padang gembalaan atau rumput. Spora dan klamidospora tersebut akan tumbuh dan berkembangbiak dan selanjutnya akan membuat jerat cacing nematoda di padang gembalaan atau rumput. Hanya nematoda dalam bentuk stadium larva yang dijerat dan pada akhirnya akan mati.

“Jumlah populasi cacing nematoda dapat berkurang jumlahnya hingga mencapai 90% dari jumlah awal di padang gembalaan sehingga tidak berbahaya lagi untuk ternak yang merumput atau digembalakan,’’tukasnya (Sid)

Sumber: