Penyuluh Pertanian Kunci Keberhasilan Komoditas Padi di Banyuasin

Penyuluh Pertanian Kunci Keberhasilan Komoditas Padi di Banyuasin

Bupati Banyuasin Askolani--

Penyuluh Pertanian Kunci Keberhasilan Komoditas Padi di Banyuasin 

 

BANYUASIN, oganilir.co - Bupati Banyuasin Askolani mengungkapkan penyuluhan pertanian dan petani merupakan garda terdepan dalam keberhasilan pertanian di Kabupaten Banyuasin hingga sampai ke nasional. 

Pencapaian tingkat nasional itu berupa kinerja Pemerintah daerah terbaik pada komoditas padi tahun 2021 tingkat Kabupaten dan kepala daerah dengan capaian produksi padi tertinggi Nasional 887.256 ton.

Raihan itu sendiri semua berkat petani dan para penyuluh pertanian, sebagai ujung tombak pertanian di Banyuasin. " Peranan penyuluh dan petani sangat besar, "puji Askolani ditemui usai Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian Se-Kabupaten Banyuasin, di Gedung Graha Sedulang Setudung, Senin 11 September 2023.

Apalagi sektor pertanian menjadi bagian terpenting dalam perekonomian pedesaan Indonesia terutama di Kabupaten Banyuasin.

BACA JUGA:Lestarikan Budaya, Bupati Banyuasin Launching Sang Purba

"Pedesaan masih menjadi sumber penghasil komoditas pertanian, " jelasnya.

Lebih lanjut Askolani menerangkan melalui program Petani Bangkit berhasil meningkatkan kinerja pemerintah di bidang pertanian khususnya pangan.

"Sehingga menghantarkan Kabupaten Banyuasin mendapat penghargaan tingkat Nasional bidang pertanian nomor 4 (empat) Nasional dan nomor 1 (satu) Se-Sumsel,"tuturnya. 

Pada tahun 2022 lalu, hasil produksi gabah kering giling padi di Banyuasin mencapai 1.199.000 ton dengan surplus 428.261,15 Ton-Beras. Karena pada tahun 2021 hanya sebanyak  1.160.821,35, artinya ada peningkatan tiap tahunnya.

BACA JUGA:Pj Bupati Banyuasin Diisi Pejabat Pusat, ini Pesan Askolani untuk Jajaran Pemkab

Dengan kontribusi penyuluh pertanian yang besar itu, maka Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengambil langkah dengan memberdayakan para penyuluh pertanian dengan cara 1 desa 1 penyuluh.

"Peningkatan  kapasitas penyuluh melalui diklat penyediaan prasarana dan sarana penyuluh pertanian berbasis teknologi,"tukasnya

Sumber: