Menjelang Pilkades Serentak, Jaga Netralitas dan Pahami Perundang-Undangan

Menjelang Pilkades Serentak, Jaga Netralitas dan Pahami Perundang-Undangan

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar memberikan pengarahan persiapan Pilkades serentak--

        OGAN ILIR, OGANILIR.CO.- Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar mengingatkan, agar para panitia penyelenggara pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang tinggal menghitung hari yakni  15 Oktober 2022 ini.

        Hendaknya , untuk menjaga netralitas dan memahami perundang-undangan, “Bila kita paham perundang-undangan dan sikap netralitas dijunjung tinggi, maka pelaksanaan Pilkades serentak  bisa berjalan lancar, aman dan kondusif,’’kata Bupati Panca  pada acara Rapat Koordinasi  Pemilihan Kepala Desa serentak bersama Forkopimda, berlangsung di Gedung Serbaguna Pemda lama , Selasa 11 Oktober 2022.

        Bupati Panca menjelaskan, perlunya pemahaman perundang-undangan tersebut, agar tidak ada celah hukum, yang membuat proses tahapan hingga pelaksanaan Pilkades serentak  menjadi terhambat.

,’’Percuma pelaksanaan Pilkades berjalan sukses dan kondusif, tapi tahapan pilkades  ada yang dilanggar, sehingga menimbulkan celah hukum, makanya pemahaman perundang-undangan sangat perlu,’’ingatnya.

BACA JUGA:Ratusan Calon Kepala Desa di Ogan Ilir Berkumpul, Siap Kalah dan Siap Menerima Kekalahan

Dan untuk menghindari gesekan  dalam pelaksanaan Pilkades, pihak penyelenggara harus melakukan komunikasi secara intens, sehingga bila ada masalah dapat diselesaikan dan dideteksi sedini mungkin.

“Kepada Panitia Penyelenggara, harus melakukan koordinasi dengan Kapolsek, TNI dan Camat, sehingga bila ada masalah bisa diselesaikan secara bersama-sama dan ingat dilapangan jangan salah dalam melakukan tindakan, dan kita tidak akan mentolerir setiap intimidasi, akan kita tindak tegas ’’pintanya .

        Kepala Dinas PMD Pemkab Ogan Ilir, Akh Lutfi SSos MSi mengatakan, pelaksanaan pilkades serentak akan diikuti oleh 172 desa dengan peserta calon sebanyak 588 orang .

Pada gelombang pertama Pilkades serentak ada 588 orang calon yang akan memperebutkan sebagai kepala desa di 172 desa, dan hari ini Selasa merupakan hari terakhir kempanye bagi para calon kades,’’ujar Akh Lutfi.

 Untuk pendistribusian logistic akan dilakukan hari Kamis, lalu jumat sudah berada di desa atau di TPS, dan langsung didistribusikan ke TPS,’’Baru Sabtunya dilaksanakan Pemilihan secara serentak, untuk dilaksanakan pemungutan suara ’’lanjutnya.

        Khabar baiknya lagi lanjut Akh Lutfi, untuk operasional penyelenggara dan panitia pilkades akan ditambah,’’Hanya saja untuk proses pembanyarannya  akan dilakukan pada APBD Perubahan, ‘’katanya .

Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman mengatakan, agar proses pelaksanaan Pilkades bisa berjalan lancar, aman dan kondusif, butuh jalinan koordinasi, komunikasi dan kolaborasi antara pihak penyelenggaraan, unsur terkait dan masyarakat (sid)

Sumber: