Kabut Asap Pengaruhi Kesehatan Mata, ini Cara Mengatasinya

Kabut Asap Pengaruhi Kesehatan Mata, ini Cara Mengatasinya

Kabut asap menyelimuti udara Palembang. foto: dendi romi/oganilir.co--

Kabut Asap Pengaruhi Kesehatan Mata, ini Cara Mengatasinya

PALEMBANG, oganilir.co - Sudah hampir dua bulan ini kabut asap menyelimuti udara Kota Palembang. Selain berdampak pada pernapasan, kabut asap juga bisa menyebabkan efek pada kesehatan mata

Dokter Spesialis Mata RSUP Rumah Sakit dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang dr Chani Sinaro Putra, SpM  mengatakan, setidaknya ada tiga efek kabut asap pada mata.

"Pertama adalah iritasi mata. Kabut asap  polusi dapat menyebabkan mata  menjadi merah, gatal dan terasa terbakar. Sehingga, hal ini dapat mempengaruhi kualitas penglihatan," kata Chani.

Efek kedua adalah mata kering. Dia mengatakan, kabut asap akibat polusi dapat mengganggu lapisan air pelindung pada mata. Sehingga hal inidapat menyebabkan sensasi terbakar pada mata bahkan menyebabkan pandangan menjadi kabur.

BACA JUGA:3 Obat ini Ampuh Atasi Pilek Gegara Kabut Asap

Efek ketiga adalah Infeksi mata. Menurut dia, infeksi ini disebabkan oleh partikel polutan yang megiritasi konjungtiva, lapisan tipis di bagian depan mata. Lebih jauh dia menjelaskan untuk penanggulangannya.

Menurut dr Chani ada 6 cara penanggulangan pada mata yang terdampak kabut asap. 

1. Hindari Paparan, upayakan untuk menghindari paparan langsung terhadap kabut asap polusi.

2. Lindungi Mata gunakan kacamata hitam yang memberikan perlindungan dari sinar UV dan partikel polusi ketika  berada di luar ruangan. 

3. Gunakan tetes mata buatan jika anda mengalami mata kering atau iritasi. 

4. Hindari menggosok mata dengan keras jika terjadi iritasi. Ini dapat memperburuk kondisi mata.

5.Bilas mata dengan air bersih. Jika terjadi kontak langsung dengan partikel polusi, bilas mata dengan air bersih untuk membersihkan partikel yang mungkin terperangkap.

BACA JUGA:Kabut Asap Tak Mempengaruhi Jadwal Sekolah di OKI

Sumber: