7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Nomor 6 Disukai Ibu Hamil

7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Nomor 6 Disukai Ibu Hamil

Tomat. --

3. Menjaga kesehatan mata

Ada berbagai kandungan tomat yang baik untuk kesehatan mata, di antaranya beta-karoten, likopen, serta lutein dan zeaxanthin. Ketiganya merupakan antioksidan yang melindungi mata dari berbagai kerusakan mata, termasuk pembentukan katarak hingga degenerasi makula.

Orang yang mengonsumsi makanan kaya lutein mengalami penurunan risiko terhadap degenerasi makula neovaskular hingga 35 persen, dikutip dari studi terbitan JAMA ophthalmology (2014).

BACA JUGA:5 Tips Menjaga Kesehatan Mental, Nomor 2 Wajib Dilakukan

4. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan likopen pada tomat berperan sebagai antioksidan. Hal ini melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Tomat juga kaya akan vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen atau protein yang mengencangkan kulit. Selain kulit semakin kencang, kolagen penting untuk mempercepat penyembuhan luka.

5.  Menjaga kesehatan jantung

Kandungan likopen dan beta-karoten dalam tubuh dapat memengaruhi risiko Anda terhadap serangan jantung. Semakin rendah kadar likopen dan beta-karoten, semakin tinggi risiko Anda mengalami serangan jantung.

Tak hanya itu, kandungan likopen  juga berkhasiat sebagai penurun kolesterol jahat yang merupakan faktor risiko dari penyakit jantung. Kandungan tomat ini juga melindungi lapisan dalam pembuluh darah sehingga berpotensi menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah.

BACA JUGA:Ini Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan, No 5 Wajib Baca

6. Meningkatkan kesehatan saat hamil

Tomat mengandung folat untuk ibu hamil. Kandungan folat dalam buah tomat memberikan manfaat untuk menjaga janin dari cacat tabung saraf. Tak hanya itu, mengonsumsi buah tomat rupanya baik untuk menjaga kesehatan rahim bagi wanita yang sedang merencanakan program kehamilan.

7. Memperkuat tulang

Kandungan likopen pada tomat ternyata melindungi tulang dari kehilangan mineral. Likopen melindungi tulang dari radikal bebas yang bisa merusak sel.  Selain itu, kandungan ini menyeimbangkan proses osteoklas dan osteoblas.

Osteoklas adalah proses pemecahan jaringan tulang yang sudah lama, sedangkan osteoblas adalah pembentukan jaringan tulang baru.

Sumber: