Terhitung dari Januari - November 2023 Terdapat 12 Rumah di Prabumulih Tersapu Angin Puting Beliung

Terhitung dari Januari - November 2023 Terdapat 12 Rumah di Prabumulih Tersapu Angin Puting Beliung

foto: Dian/SEG--

Terhitung dari Januari - November 2023 Terdapat 12 Rumah di Prabumulih Tersapu Angin Puting Beliung

PRABUMULIH, oganilir.co - Tercatat dari bulan Januari - November 2023 terhitung 12 rumah di Prabumulih tersapu angin puting beliung.

Hal itu diungkap Kepala pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Prabumulih, Sriyono melalui Kasi Pencegahan, Roy Tauhid didampingi Manager Pusdalops, Wandi dibincangi di ruang kerja nya, Senin 6 November 2023.

"Jadi sampai dengan saat ini sudah ada 12 rumah yang disapu angin puting beliung. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam  ta Roy. Di hari Sabtu (4/11) dan Minggu (5/11) tadi berturut-turut ditemukan kejadian rumah yang disapu angin puting beliung. "Seperti di Prabujaya ada 2 rumah, di Cambai ada 1 rumah, Perumahan Arda Karang Raja 1 rumah dan ada pula di perumahan komunitas 1 rumah yang atapnya tersapu angin puting beliung," jelasnya.

Kendati tak ada korban jiwa, namun setiap kejadian tersebut selalu ada kerugian material bahkan, ada yang sampai dinding rumahnya juga tersapu angin puting beliung. 

BACA JUGA:Pajak Bumi Bangunan Prabumulih Tembus 109 Persen Lebihi Target

Ditanya apakah sudah ada bantuan yang diberikan kepada korban? Roy mengaku untuk korban di bulan-bulan sebelumnya, semuanya sudah diberikan bantuan. "Nah, untuk empat atau lima korban terakhir belum (diberikan bantuan, red). Karena kami akan berkoordinasi dulu dengan Dinsos dan biasanya dari kami (BPBD, red) dibantu logistik berupa sandang dan pangan," sebutnya mengaku sudah menurunkan tim ke lapangan untuk membantu proses evakuasi dan pembersihan atap rumah yang terlepas. 

Dalam kesempatan itu, dia juga mengimbau kepada warga harus siap siaga terlebih saat ini sudah memasuki musim pancaroba dengan kondisi cuaca ekstrim terutama di siang-sore hari.

Tak ketinggalan, bagi yang mengalami kejadian bencana apapun pihaknya mengimbau untuk segera melapor ke BPBD dengan cara datang langsung ke kantor BPBD, ke kantor Pos Damkar di samping kantor Wali Kota atau bisa menghubungi call center 24 jam ke nomor 07133300696.

Sumber: