Kodim 0402 OKI Bekali Masyarakat Keterampilan Tanggap Bencana

Kodim 0402 OKI Bekali Masyarakat Keterampilan Tanggap Bencana

Pelatihan keterampilan tanggap bencana Kodim 0402 OKI, Kamis 9 November 2023. --

Kodim 0402 OKI Bekali Masyarakat Keterampilan Tanggap Bencana

KAYUAGUNG, oganilir.co - Kodim 0402/OKI melaksanakan program pembinaan masyarakat tanggap bencana dengan mengambil tema "Bersama TNI Membangun Bangsa" yang bertempat di Aula Kodim 0402/OKI, Kamis 9 November 2023.

"Program pembinaan masyarakat tanggap bencana yang kita laksanakan ini merupakan kegiatan program kerja bidang teritorial TA 2023 yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam serta menekan kerugian baik korban jiwa dan harta benda akibat dari bencana," kata Dandim 0402 OKI-Ogan Ilir Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane dalam sambutannya.

Adapun sasaran yang ingin dicapai pada kegiatan ini, yaitu tercapainya peningkatan kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi kerawanan daerah bencana, dan terlaksananya kegiatan mitigasi bencana. Untuk mewujudkan kesiapsiagaan masyarakat dan aparat Satkowil serta instansi terkait dalam menghadapi bencana.

BACA JUGA:Jelang Hari Pahlawan, Kodim 0402 OKI Bersihkan Monumen Serma Abdul Muis

"Program ini dilaksanakan untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam,” ujarnya.

Masih kata Irsyad Mahdi Pane, program pembinaan masyarakat tanggap bencana, sangat tergantung terhadap kepekaan dan kesiapsiagaan masyarakat dan Babinsa. Idealnya para Babinsa bersama-sama tokoh masyarakat dan seluruh lapisan harus mampu membuat peta kerawanan bencana di wilayahnya, sehingga dapat mengambil langkah-langkah preventif, responsif dan adaptif dalam menghadapi bencana alam maupun non alam.

“Manfaatkan kegiatan ini untuk sama-sama belajar, menimba ilmu yang insyaAllah bermanfaat bagi pribadi, keluarga dan masyarakat secara luas. Selain melakukan edukasi secara intensif kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, karena edukasi penting dilakukan mulai dari hal yang kecil, Satuan teritorial TNI juga melakukan pemetaan terkait kerawanan bencana alam, sehingga diharapkan apabila terjadi bencana alam, masyarakat tidak panik dan sudah tahu apa yang harus diperbuat,” pungkasnya. (ril)

Sumber: