Sama-Sama Smartphone Layar Lipat, Bandingkan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Oppo Find N3 Flip

Sama-Sama Smartphone Layar Lipat, Bandingkan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Oppo Find N3 Flip

Samsung Galaxy Z Flip 5.--

BACA JUGA:Bingung Pilih Oppo Reno 6 5G atau Oppo A97 5G? ini Perbandingan Spesifikasinya

Layar Galaxy Z Flip 5 memiliki ukuran 6,7 inci, sedangkan Find N3 Flip 6,8 inci. Keduanya juga memiliki tingkat kecerahan maksimal yang hampir mirip, 1750 nits untuk Samsung, dan 1600 nits untuk Oppo.

Hal baru dibawakan Oppo pada engsel lipatan layar Find N3 Flip. Menggunakan sistem Flexion Hinge dengan material Zirconium, Oppo menjamin penggunaan HP layar lipat yang nyaman sekaligus tahan lama. 

Dalam pengujian TUV Rheinland, Find N3 Flip disebut berjalan dengan normal bahkan setelah dibuka tutup sebanyak 1 juta kali. Sementara Galaxy Flip 5, diklaim mampu bertahan hingga 400 ribu kali buka tutup sebelum engselnya mulai rusak.

Pada lapisan layar, Oppo juga memberikan lembaran carbon fiber yang membuatnya kokoh meski layarnya ditekuk berkali lipat. Hal ini membuatnya tampil dengan lipatan tak kasat mata, baik saat kondisi layar nyala maupun mati.

Lipatan ini berbeda dengan HP milik Samsung yang masih cukup terlihat secara kasat mata. Saat digunakan, perasaan cekung di bagian tengah layar Galaxy Z Flip 5 juga terasa lebih dalam dibanding Find N3 Flip.

Pada bagian ini, Samsung dan Oppo memiliki pendekatan berbeda. Samsung menawarkan pengalaman menggunakan cover screen yang lega, sementara Oppo ingin mempertahankan pengalaman ponsel vertikal seperti layar bagian dalam.

BACA JUGA:Samsung Galaxy M44 Resmi Diluncurkan, Anda Wajib Tahu Kelebihan-Kekurangannya

Samsung Galaxy Flip 5 menggunakan layar berlapiskan Corning Gorilla Glass Victus 2 berukuran 3,4 inci 720 x 748 pixel dengan kecerahan maksimal 1600 nits.

Oppo Find N3 Flip di sisi lain menggunakan layar berlapiskan Corning Gorilla Glass Victus berukuran 3,26 inci 382 x 720 pixel dengan kecerahan maksimal 900 nits

Karena rasio layar yang cenderung landscape, menggunakan aplikasi di cover screen Galaxy Z Flip 5 akan terasa berbeda. Meskipun terasa lebih lega saat bertukar pesan di WhatsApp ataupun menonton YouTube, tampilan TikTok HP ini cukup berbeda karena memberikan kotak hitam di sekitar video agar video tidak terpotong.

Hal ini berbeda dari Find N3 Flip yang memberikan pengalaman mirip layar HP pada umumnya, tapi tidak memberikan tampilan setajam Galaxy Z Flip 5.

Hal ini berbeda dari Find N3 Flip yang memberikan pengalaman mirip layar HP pada umumnya, tapi tidak memberikan tampilan setajam Galaxy Z Flip 5.

Baterai dan Ketahanan

BACA JUGA:OPPO Find X7 Diluncurkan Awal Tahun Depan, Simak Spesifikasinya

Sumber: