Unsri-BNI Hijaukan Kampus Indralaya dengan Pohon Buah di Taman Firdaus

Unsri-BNI Hijaukan Kampus Indralaya dengan Pohon Buah di Taman Firdaus

Penanaman pohon di Taman Firdaus Unsri Indralaya, Senin 27 November 2023. foto: istimewa--

Unsri-BNI Hijaukan Kampus Indralaya dengan Pohon Buah di Taman Firdaus

INDRALAYA, oganilir.co - Gerakan penghijauan dengan menanam pohon buah diilakukan Universitas Sriwijaya (Unsri) bekerja sama dengan Bank BNI.

Penanaman dilakukan Rektor Unsri Prof Dr Taufiq Marwa SE MSi bersama Area Head Bank Nasional Indonesia (BNI) Wilayah III Palembang, Jolli James J Sondakh yang merupakan bantuan Bank BNI. Taufiq Marwa didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof Dr Ir Muhammad Said MSc, para Kepala Biro, dan beberapa dekan atau yang mewakili serta dari jajaran BNI. Penanaman dilakukan di Area Masjid An–Nabawi dan Taman Firdaus Unsri kampus Indralaya, Senin 27 November 2023.

Memperingati HUT ke-77, BNI menyerahkan 77 ribu pohon buah di 18 wilayah di seluruh Indonesia. Unsri menerima 230 batang bibit pohon buah yang terdiri dari 7 (tujuh) jenis pohon. Terbanyak bibit pohon duku 50 batang. Sementara enam jenis pohon lainnya, yaitu bibit pohon durian, rambutan, mangga, jeruk, jambu kristal, dan belimbing masing–masing 30 batang. 

BACA JUGA:DPP IKA FH Unsri Dikukuhkan, Pengacara Putri Candrawathi Ketuanya

Dalam sambutannya Area Head BNI Wilayah III Palembang Jolli James Sondakh berharap program yang dilakukan secara serentak seluruh Indonesia ini bisa menambah peran serta dalam menjaga bumi tetap hijau dengan menanam berbagai macam pohon.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof Dr Ir Muhammad Said MSc dalam sambutannya mewakili Rektor yang meninggalkan tempat sebelum acara resmi dimulai karena ada zoom dengan Menteri Pendidikan kebudayaan, Riset dan Teknologi menyampaikan ucapan terimakasih kepada BNI karena memang penanaman pohon di Unsri menjadi program utama. Satu tahun bisa empat sampai enam kali menanam pohon karena memang salah satu program di GreenMetric. 

Dikatakannya bahwa penanaman pohon tidak bisa menganggap sepele karena fungsinya sebagai konservasi tanah, air, juga sebagai polutan control dan pengatur iklim baik lokal maupun global.

BACA JUGA:Unsri Tambah 2 Guru Besar, ini Namanya

“Kami lihat tanaman di Unsri ini memang ada berbagai jenis tanaman pohon mungkin lebih dari 50 jenis tanaman pohon yang ada di Sumatera Selatan terutama duku dan durian. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kita berdoa bersama agar program penghijauan ini akan semakin baik," kata Muhammad Said. 

Di kemudian hari kalau ada program semacam ini, Unsri komitmen melakukan penghijauan dengan menanam pohon buah. "Kami siap karena lahan kita ini 724 H yang sebagian besar masih lahan ruang tata hijau. Kita tidak membangun gedung gedung. Jadi kita mengikuti etika lingkungan. Juga Unsri mengikuti program SDG’s sudah 2 tahun berturut-turut kita mengikuti program itu," ujarnya.

"Kita doakan semoga kebersamaan kita atau kerjasama ini tetap berlangsung dan kita bisa membangun kedua lembaga ini semakin baik. Sebagai cikal bakal untuk anak cucu kita, pohon -pohon ini nanti bisa dimanfaatkan 10 - 20 tahun lagi."(ril)

Sumber: