Belum Pernah Terjadi, Ketua DPR AS Dicopot Anggotanya

Belum Pernah Terjadi, Ketua DPR AS Dicopot Anggotanya

Kevin McCarthy meninggalkan ruang sidang usai dicopot dari Ketua DPR AS. foto: AP Photo/J Scott Applewhite--

Belum Pernah Terjadi, Ketua DPR AS Dicopot Anggotanya

oganilir.co - Demokrasi benar-benar berlaku di Amerika Serikat (AS). DPR AS atau House of Representative mencopot ketuanya. Tentu saja kejadian itu merupakan peristiwa langka dalam sejarah AS. Kejadian ini belum pernah terjadi sebelumnya. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? 

 

Dilansir Reuters, Rabu 4 Oktober 2023, Kevin McCarthy dari Partai Republik dilengserkan dari jabatannya dalam pemungutan suara yang digelar DPR AS pada Selasa 3 Oktober 2023 waktu setempat. Hasilnya menunjukkan 216 suara menyetujui McCarty dicopot dan 210 suara lainnya menolak.

 

Dengan Partai Republik memegang dominasi DPR AS saat ini, maka ada beberapa anggota dari partai tersebut yang memberontak dan bergabung dengan sebagian besar anggota DPR dari Partai Demokrat dalam voting untuk mencopot McCarthy ini.

 

Menariknya, dari total suara yang menyetujui pencopotan McCarthy, terdapat delapan anggota DPR dari Partai Republik dan 208 anggota dari Partai Demokrat. Hasil voting itu dinilai bersejarah karena ini menandai pertama kalinya dalam sejarah AS ketika para anggota DPR mencopot pemimpin mereka sendiri.

BACA JUGA:Belanda Kirim Pulang Amerika Serikat 3-1, Gol Haji Wright Sempat Buka Asa The Tanks, Tapi Bek Amerika Rapuh

 

Pelengseran McCarthy dari jabatannya saat terjadi pertikaian internal dalam Partai Republik dan hanya berselang beberapa hari setelah Kongres AS, yang terdiri atas DPR dan Senat, meloloskan rancangan undang-undang (RUU) pendanaan sementara atau stopgap bill untuk mencegah penutupan pemerintah federal.

 

Usai McCarthy lengser, maka langkah segera harus diambil untuk menghindari badan legislatif AS itu tanpa pemimpin. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi selanjutnya:

 

Sumber: