15 Manfaat Membaca Alquran, Umat Muslim Wajib Tahu

Kamis 14-12-2023,08:43 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

15 Manfaat Membaca Alquran, Umat Muslim Wajib Tahu

oganilir.co - Berbahagialah bagi seorang muslim yang rajin membaca Alquran setiap hari. Selain mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT, muslim yang rajin membaca Alquran akan mendapatkan manfaat baik semasa hidup maupun setelah mati. 

Umat Islam yang rajin membaca Alquran akan mendapat ketenangan hati dan jiwa. Ada banyak manfaat yang didapat seseorang yang rajin membaca Alquran, apakah itu di rumahnya atau di masjid. Selain wajib dibaca, seorang muslim juga wajib mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Apa saja keutamaan membaca Alquran? Berikut ayat dan hadits keutamaan membaca Alquran yang melansir dari buku Keutamaan Membaca dan Mengkaji Al-Quran “At-Tibyaan fii Aadaabi Hamalatil Quran” oleh Siri Tarbiyyah dan sumber lain.

BACA JUGA:Amalkan Ayat Alquran ini, Rezeki yang Tak Terduga Akan Datang ke Anda

14 Keutamaan Membaca Alquran

1. Menenangkan Hati dan Pikiran

Keutamaan membaca Alquran adalah menenangkan hati dan pikiran sehingga lebih tenteram. Orang yang rajin membaca Alquran akan selalu ingat kebesaran Allah SWT.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-Ra’d ayat 28).

2. Mendapat Rahmat dan Pahala

Allah SWT akan memberikan rahmat dan pahala besar bagi mereka yang rajin membaca Alquran.

BACA JUGA:Bikin Bangga, Islamic Center Prabumulih Dipenuhi Santri Pengkhatam Alquran

“Dan Kami turunkan dari Al-Qura’n (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” (Al Isra ayat 82).

Keutamaan membaca Alquran juga akan mendapatkan pahala besar meskipun beberapa ayat saja.

“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala salat sepanjang malam.” (HR. Ahmad)

Kategori :