15 Manfaat Membaca Alquran, Umat Muslim Wajib Tahu

Kamis 14-12-2023,08:43 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

Energi positif dari ayat-ayat Quran dapat menjadi nutrisi otak yang paling berharga. Bahkan, dapat mencegah dari penyakit yang menyerang saraf otak seperti alzheimer dan demensia.

BACA JUGA:106 Hafizh 30 Juz Alquran, Tampil Di Milad KE 73 PPRU

12. Dijamin Surga

Keutamaan baca Alquran adalah dijamin surga oleh Allah SWT.

“Orang yang membaca Al-Qur’an sedangkan dia mahir melakukannya, kelak mendapat tempat di dalam surga bersama-sama dengan rasul-rasul yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an, tetapi dia tidak mahir, membacanya tertegun-tegun dan nampak agak berat lidahnya (belum lancar), dia akan mendapat dua pahala.” (HR. Bukhari & Muslim)

13. Berperilaku Mulia

Keutamaan membaca Alquran dengan hati tenang dan rasa bahagia dapat mengubah seseorang menjadi lebih mulia.

“Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Alquran serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR. Bukhari)

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Berangkatkan Umroh Ortu Hafiza Bocah 5 Tahun Hapal 8 Juz, Sejak 3 Tahun Sudah Menghafal Alquran

14. Balasan Terbaik

Keutamaan membaca Alquran adalah mendapatkan balasan terbaik dari yang tidak dikira meskipun tak sempat membaca zikir.

“Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-Qur’an, hingga tak sempat zikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya,” (HR. Al-Baihaqi).

15. Alquran Mendampingi Orang yang Membacanya di Dalam Kubur

Menurut riwayat, seorang muslim yang rajin membaca Alquran akan didampingi oleh kitab suci umat Islam itu saat berada di dalam kubur. Alquran akan mendampingi si mayit sebelum tibanya malaikat Munkar dan Nakir untuk bertanya tentang amal perbuatannya. Alquran akan berada di samping mayit setelah kuburan ditimbun tanah. 

Menurut riwayat, Alquran akan berkomunikasi dengan malaikat Munkar dan Nakir sebelum mengajukan pertanyaan kepada seorang muslim tersebut.

 

Kategori :