15 Manfaat Membaca Alquran, Umat Muslim Wajib Tahu

Kamis 14-12-2023,08:43 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

Membaca Alquran dengan hati yang ikhlas dapat menghalau dan menyembuhkan penyakit hati. Penyakit hati tersebut antara lain iri, dengki, membicarakan keburukan orang lain, dendam, dan lain lain.

Jadi, bacalah selagi sempat terutama setelah salat subuh karena merupakan waktu terbaik membaca Alquran.

8. Kenikmatan Orang Tua di Hari Kiamat

BACA JUGA:Ayat-ayat Alquran yang Dapat Meningkatkan Semangat Umatnya

Keutamaan membaca Alquran adalah diberikan kenikmatan untuk orang tua di hari kiamat. Anak yang selalu membaca Alquran maka Allah SWT akan melindungi orang tua mereka dan memberikan kenikmatan di hari kiamat. Termasuk memberikan mahkota pada orang tua mereka sebagai tanda keberkahan.

“…kenikmatan pada hari kiamat dan akan terlihat lebih terang daripada sinar matahari sehingga kamu tidak akan menduganya bahwa ganjaran itu dikarenakan amalan-amalan si pembaca Alquran itu.” (HR. Abu Daud)

9. Rumah Menjadi Bercahaya

Manfaat membaca Alquran di rumah adalah membuat suasana tempat tinggal makin bercahaya. Membaca Alquran dan zikir di rumah akan menjadi motivasi bagi para penghuninya untuk taat kepada Allah Swt.

10. Mengusir Setan dari Rumah

Manfaat membaca Alquran di rumah adalah mengusir setan agar terhindar dari perbuatan buruk.

BACA JUGA:106 Hafizh 30 Juz Alquran, Tampil Di Milad KE 73 PPRU

“Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.” (QS Faathir: 6).

Dalam sebuah hadis Rasulullah saw. bersabda:

“Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan shalat dan membaca al-Qur’an di dalamnya), sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah.”

11. Nutrisi Terbaik bagi Otak

Melansir honestdocs, manfaat baca Alquran bagi kesehatan adalah memberikan nutrisi terbaik bagi otak. Sama seperti otot di dalam tubuh, otak juga membutuhkan latihan agar tetap sehat.

Kategori :