Temui Menkes, Pj Bupati Banyuasin Lobi Bantuan Pengembangan Sarana Kesehatan

Rabu 10-07-2024,13:44 WIB
Reporter : Aqda
Editor : Dendi Romi

Temui Menkes, Pj Bupati Banyuasin Lobi Bantuan Pengembangan Sarana Kesehatan

BANYUASIN, oganilir.co - Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam didampingi dr Rini Pratiwi M Kes, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin melakukan audiensi dan koordinasi dengan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin di Gedung Adhyatma Cut Meutia, Selasa 9 Juli 2024 sore.

Dalam pertemuan itu Pemkab Banyuasin melalui Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pengembangan sarana, prasarana kesehatan di Bumi Sedulang Setudung.

"Kita usulkan langsung kepada pak Menteri Kesehatan untuk pengembangan sarana dan prasarana kesehatan di Banyuasin seperti puskesmas, rumah sakit dan lain sebagainya," kata Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam didampingi Kadinkes Banyuasin Rini Pratiwi.

BACA JUGA:Kota Pangkalan Balai Dibangun Tugu Selamat Datang, Pj Bupati Banyuasin Minta Doa Masyarakat

Tentunya dengan usulan tersebut dapat disetujui dan segera ditindaklanjuti oleh Menteri Kesehatan, sehingga dapat memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Banyuasin. "Alhamdulilah hasilnya disambut baik dan positif oleh pak menteri," jelasnya.

Apalagi di Banyuasin memiliki geografis daerah perairan dan jauh terpencil dari fasilitas kesehatan sehingga sulit diakses masyarakat setempat.

Kadinkes Banyuasin Rini Pratiwi menambahkan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan secara merata, pihaknya melakukan kegiatan dokter masuk desa."Itu sudah terbukti membantu masyarakat," ucapnya.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi menyatakan ke depannya pembangunan rumah sakit tidak tersentralisasi, tapi menyebar dari setiap sudut dan penjuru dalam kecamatan di Kabupaten Banyuasin.

BACA JUGA:Pilkada Banyuasin, Selfi Pastikan Deklarasi Juli

"Intinya bisa semua dijangkau oleh masyarakat, karena jika pembangunan tersentral, justru tidak aktif," ujarnya.

Budi menambahkan, Kementerian Kesehatan akan membantu fasilitas kesehatan, untuk mendukung Pemkab Banyuasin dalam upaya memudahkan masyarakat memperoleh faskes yang layak.

Pemkab Banyuasin telah memiliki tiga rumah sakit Pratama yaitu di RS Pratama Sukajadi RS Pratama Makarti Jaya dan RSUD Banyuasin. Kemudian 33 puskesmas yang tersebar di 21 kecamatan, dan beberapa rumah sakit swasta yang ada di wilayah Kecamatan Rambutan, Banyuasin.

Kategori :