HUT TNI ke-79, Kodam II/Sriwijaya Gelar Upacara dan Defile Pasukan Serta Pameran Alutsista

Sabtu 05-10-2024,14:18 WIB
Reporter : Karandas
Editor : Karandas

PALEMBANG, oganilir.co - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kodam II/Sriwijaya , Provinsi Sumatera Selatan menggelar upacara dan defile pasukan beserta pameran alutsista.

Upacara tersebut digelar di lapangan utama Kodim II/Sriwijaya di Jalan Jendral Sudriman. Upacara ini dipimpin langsung oleh Panglima Kodam Mayjen TNI M Naudi Nurdika dan diikuti oleh seluruh personel TNI.

Mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju".

Dalam amanatnya, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI M Naudi Nurdika mengapresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit TNI atas profesionalitas, dedikasi, dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas. 

BACA JUGA:HUT TNI ke-79, Kodim 0402 OKI Peringati dengan Sederhana

Lebih lanjut Pangdam TNI menekankan agar TNI sebagai pengawal keamanan nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa kita.

Sesuai upacara kegiatan akan dilaksanakan sejumlah kegiatan seperti demonstrasi, defile pasukan dan pameran alutsista TNI.

Seperti yang disampaikan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) II/Sriwijaya Kolonel Inf Drs Paiman.

Kapendam mengungkapkan, tak hanya sebatas upacara parade, hari juga digelar sejumlah kegiatan seperti demonstrasi, defile pasukan dan alutsista TNI di Jalan Jenderal Sudirman depan Kodam II/Sriwijaya serta syukuran dan hiburan.

BACA JUGA:Meriahkan HUT TNI Ke 79, Kodim 0402/OKI Gelar Lomba Menyanyi Kebangsaan Tingkat TK

"Sebagai informasi, puncak acara HUT Ke-79 TNI akan dimulai dengan upacara parade yang dipimpin langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya sebagai Inspektur Upacara," jelasnya.

Setelah upacara parade, lanjut Paiman, akan ada demontrasi yang ditampilkan oleh Prajurit TNI seperti Rampak Gendang, Barongsai, Beladiri militer Taktis, Double Stik dan Tarian Kreasi yang dibawakan ibu-ibu Persit KCK Daerah II/Sriwijaya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa TNI juga akan melakukan defile lambang-lambang satuan, Pasukan TNI tri matra, termasuk PNS, Ormas dan Mahasiswa serta berbagai jenis Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dari tiga matra, yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Kategori :