Cegah Macet di Jalintim Selama Nataru, Polres Banyuasin Tunda Kendaraan Sumbu 3

Cegah Macet di Jalintim Selama Nataru, Polres Banyuasin Tunda Kendaraan Sumbu 3

Petugas Satlantas Polres Banyuasin memberikan penjelasan kepada pengemudi kendaraan sumbu 3 untuk menunda perjalanan hingga pukul 22.00 WIB selama libur Nataru. foto: istimewa--

Cegah Macet di Jalintim Selama Nataru, Polres Banyuasin Tunda Kendaraan Sumbu 3

BANYUASIN, oganilir.co - Satlantas Polres Banyuasin melakukan penundaan jalan sementara terhadap kendaraan yang bermuatan lebih dari 14.000 ton (sumbu 3) melintas di Jalintim Palembang-Betung di Terminal Alang Alang Lebar, Rabu 27 Desember 2023.

Pemberhentian sementara itu sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor HK.201/29/3/DJPD/2023 tanggal 7 Desember 2023, yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), dan Direktur Jenderal Bina Marga.

"Selama Nataru (Natal dan Tahun Baru), kendaraan bermuatan lebih dari 14.000 ton (kendaraan sumbu 3) dilarang melintas di jalan arteri hingga pukul 22.00 WIB," kata Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK melalui Kasat Lantas AKP Indrowono. Nantinya setelah pukul 22.00 WIB, kendaraan tersebut dapat melanjutkan perjalanan kembali. "Tidak setop total," jelasnya. 

BACA JUGA:Sambut Nataru, Ruas Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih Mulai Meningkat

Tidak hanya kendaraan sumbu tiga, tapi juga kendaraan barang dengan kereta tempel, kendaraan barang dengan kereta gandeng, kendaraan barang yang digunakan untuk angkutan hasil galian meliputi (tanah, pasir, batu), hasil tambang, bahan bangunan. 

Tapi pembatasan itu tidak berlaku bagi angkutan barang seperti bahan bakar minyak (BBM), pengantaran uang, hewan ternak, pupuk, pakan ternak, bahan pokok sembako

"Jadi kendaraan barang yang tidak termasuk dalam kategori pengecualian akan diparkir rumah makan atau tempat lainnya hingga batas waktu yang ditentukan seperti terminal," ucapnya.

Pemberlakuan aturan itu, karena selama nataru arus kendaraan yang melintas terutama di Jalan Lintas Timur, Palembang-Betung ramai dan padat. "Agar pengendara nyaman saat melintas," pungkasnya.

Sumber: