5 Keutamaan Puasa Rajab, Salah Satunya Mendapat Pahala Berlipat Ganda

5 Keutamaan Puasa Rajab, Salah Satunya Mendapat Pahala Berlipat Ganda

--

3. Mendapat pahala setara berpuasa selama 60 bulan

Dari Abu Hurairah (sahabat Nabi Muhammad SAW), Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan."

BACA JUGA:Mari Puasa Ayyamul Bidh Jumadil Awal: 27,28,29 November 2023, Niat dan Keutamaanya

4. Mustajab untuk Berdoa

Masih mengutip laman NU, keutamaan bulan Rajab dapat diraih pada malam satu Rajab. Pada saat tersebut menjadi malam yang mustajab bagi seorang muslim untuk berdoa. Hal tersebut sejalan dengan yang dikatakan oleh Imam Syafi'i dalam kitab Al-Umm. Dijelaskan bahwa:

بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ

Artinya: "Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesungguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adha, malam hari raya Idul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nisfu Syaban."

5. Mendapat pahala sebesar ibadah 900 tahun

BACA JUGA:Manfaat Puasa Senin Kamis dari Sisi Medis, ini Penjelasannya

Berpuasa tiga hari pada bulan Rajab maka setiap satu harinya diganjar pahala pahala sebesar ibadah 900 tahun.

من صام ثلاثة أيام من شهر حرام الخميس والجمعة والسبت كتب الله له بكل يوم عبادة تسعمائة عام

Artinya: Barang siapa berpuasa selama 3 hari dalam bulan haram, hari Jumat, dan Sabtu, maka Allah balas setiap 1 harinya dengan pahala sebesar ibadah 900 tahun.

Sumber: