Jelang Penutupan CES 2024, Sony Honda Pamerkan Mobil Listrik Afeela, Dikendalikan Kontroler PS5

Jelang Penutupan CES 2024, Sony Honda Pamerkan Mobil Listrik Afeela, Dikendalikan Kontroler PS5

Afeela.--

Jelang Penutupan CES 2024, Sony Honda Pamerkan Mobil Listrik Afeela, Dikendalikan Kontroler PS5

oganilir.co - Ajang Consumers Electronics Show (CES) 2024 telah berakhir. Namun menjelang penutupan pameran teknologi konsumen terbesar di dunia itu, Sony memamerkan mobil listrik bernama Afeela. Tentu saja penampilan mobil listrik Sony itu menarik perhatian pengunjung.

Ya, mobil listrik Afeela itu digarap Sony bersama Honda. Yang menarik dari dipamerkannya mobil listrik tersebut adalah detik-detik saat mobil tersebut keluar. Mobil listrik Afeela dikendalikan melalui kontroler Sony PlayStation 5 (PS5) yakni DualSense. 

Dilansir via Engadget, aksi yang memukau pengunjung itu dilakukan oleh COO Sony Honda Mobility Izumi Kawanishi. Izumi menjelaskan bahwa aksi mengendalikan mobil dengan DualSense PS5 tersebut hanya merupakan demo teknologi, dan bukan merupakan fitur yang nantinya bisa diakses oleh pengguna.

BACA JUGA:Belum Diluncurkan, Mobil Listrik Huawei Aito M9 Sudah Dipesan 54.000 Unit, ini Kelebihannya

"Kontrol jarak jauh ini hanya dilakukan untuk keperluan showcase teknologi," kata Izumi. Selain menampilkan demo tersebut, Sony juga mengungkap sejumlah informasi terkini mengenai pengembangan Afeela.

Salah satunya adalah soal penggunaan Unreal Engine 5.3 untuk kebutuhan grafis 3D dan visual di mobil tersebut. Sony menjelaskan, penumpang nantinya dapat mengakses peta 3D, virtual space, dan augmented reality memanfaatkan metadata yang bersumber dari internet.

Mengutip Cnet, Afeela memiliki lebih banyak kesamaan dengan PS5 dari pada sekadar pengontrolnya. Sebagai permulaan, ia menggunakan Unreal Engine 5.3 dari Epic Games untuk mendukung grafis dan visual 3D yang memenuhi tampilan dasbor ultrawide yang besar.

BACA JUGA:Sukses Luncurkan Mobil Listrik SU7, Xiaomi Kembangkan Varian Hybrid

Pengemudi dan penumpang akan disuguhi peta 3D terperinci, ruang virtual, dan pandangan augmented reality dari dunia di sekitar Afeela, yang dapat dilapis metadata yang bersumber dari internet. Media dari berbagai katalog TV, film, dan game Sony juga dapat dimanfaatkan untuk menghibur penumpang di jalan, saat parkir, dan mengisi daya. 

Unreal Engine juga digunakan untuk membuat lingkungan simulasi yang digunakan untuk melatih sistem bantuan pengemudi multikamera Afeela. Grafik UE5 yang sangat realistis juga digunakan untuk meningkatkan keselamatan. 

Lingkungan simulasi mesin game yang sangat realistis memungkinkan peningkatan akurasi saat melatih model visual dan pemrosesan jaringan saraf yang menggerakkan fungsi bantuan pengemudi EV. 

BACA JUGA:Neta V, Mobil Listrik Pendatang Baru ini Saingi Kendaraan Offroad, Terjang Banjir Setinggi 1,5 Meter

Dan karena debut CES 2024 tidak akan terjadi tanpa sedikit pun teknologi AI, Sony Honda Mobility juga mengumumkan kemitraan baru dengan Microsoft untuk menghadirkan teknologi komputasi skala cloud Azure AI dari raksasa perangkat lunak tersebut untuk mendukung pengembangan Afeela.

Sumber: