Sekda OKI Jadi Pj Bupati, ini Programnya

Sekda OKI Jadi Pj Bupati, ini Programnya

Asmar Wijaya (kanan) menerima SK Pj Bupati OKI dari Agus Fatoni. --

Sekda OKI Jadi Pj Bupati, ini Programnya

KAYUAGUNG, oganilir.co - Masa jabatan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) yang diemban HM Dja'far Shodiq berakhir hari ini Senin 15 Januari 2024.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjuk Sekda Kabupaten OKI Ir H Asmar Wijaya MSi sebagai Penjabat (Pj) Bupati untuk menjalankan roda pemerintahan hingga dilaksanakannya pilkada serentak pada akhir tahun 2024. 

Pelantikan Asmar Wijaya sebagai Pj Bupati OKI dilakukan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni atas nama Mendagri di Griya Agung, Senin 15 Januari 2024. Selain itu dilantik juga Pj Ketua TP PKK OKI yang dijabat Sukmawati Asmar Wijaya oleh Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Agus Fatoni. 

Pj Bupati OKI H Asmar Wijaya mengatakan akan melakukan langkah-langkah yang menjadi prioritas pembangunan pemerintah pusat. Antara lain, penyelenggaraan pemilu, menjaga pengendalian inflasi, menjaga ketahanan pangan, menurunkan angka kemiskinan dan gizi buruk, serta keberlanjutan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. 

BACA JUGA:Penerapan SPBE, Pemkab OKI Peringkat II di Sumsel

"Segera melakukan langkah-langkah  yang menjadi program prioritas dari pusat, seperti halnya pengentasan masalah kemiskinan, stunting, pengangguran dan menyukseskan pemilu 2024," kata Asmar. 

Selain itu, tambah Asmar Wijaya, dia akan semaksimal mungkin menuntaskan  target dan sasaran serta prioritas Bupati dan Wakil Bupati OKI 2019-2024. 

"Target-target yang tercantum dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten OKI 2019-2024," ujarnya.

Dia berjanji akan menguatkan sinergi dan kolaborasi dengan unsur terkait, seperti Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat agar sejalan dan selalu terjalin harmonis. 

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni berpesan kepada penjabat kepala daerah mampu mengoptimalkqn sumber daya daerah untuk kemaslahatan masyarakat. 

BACA JUGA:Bupati OKI Serahkan DPA 2024, Belanja Tidak Terduga Rp117 Miliar

"Kabupaten OKI potensinya sangat besar. Maka kami berharap Pj bupati dapat mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang ada," harapnya.

Pj Bupati OKI, jelas Fatoni, harus mampu memastikan pemerintahan berjalan sebagaimana mestinya. "Penjabat bupati menjabat dalam kurun waktu satu tahun dan akan dilakukan evaluasi berkala setiap tiga bulan sekali," tukasnya.

Sumber: