Sehari usai Mengikuti Bimtek, Ketua KPPS di OKU Meninggal

Sehari usai Mengikuti Bimtek, Ketua KPPS di OKU Meninggal

Ferry Alamsyah semasa hidup. foto: istimewa--

Sehari usai Mengikuti Bimtek, Ketua KPPS di OKU Meninggal 

BATURAJA, oganilir.co - Belum melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu 2024, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kelurahan Baturaja Permai, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumsel bernama Ferry Alamsyah (45) meninggal dunia. Belum diketahui penyebab meninggalnya yang bersangkutan.

Ferry meninggal setelah sehari sebelumnya mengikuti Bimtek (bimbingan teknis) simulasi aplikasi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) yang digelar Kamis 1 Februari 2024. Ferry meninggal Jumat 2 Februari 2024 pagi.

Ketua KPU Kabupaten OKU, Ade Satria Dwi Putra membenarkan meningggalnya Ketua KPPS Ferry Alamsyah. Namun, Ade tidak dapat memastikan apakah yang bersangkutan meninggal akibat kelelahan.

BACA JUGA:Muratara Banjir, KPU Siapkan TPS Khusus untuk Pemilu 2024

"Pastinya, secara pribadi saya tidak bisa memastikan apakah meninggal karena kelelahan atau sakit. Karena yang bisa memastikan apakah meninggal karena kelelahan kan dokter," kata Ade.

Dia menjelaskan bahwa pelaksanaan bimtek simulasi Sirekap seharusnya digelar pada Kamis siang secara online melalui zoom meeting dari laptop atau handphone. Namun, karena server down hingga sore, pelaksanaannya dibatalkan.

Saat mengikuti bimtek, Ferry Alamsyah disebutnya dalam kondisi baik. Ferry bahkan sempat berbincang dengan ketua PPK Baturaja Timur setelah Salat Ashar berjamaah di Masjid Al Muhajirin Baturaja Permai.

"Almarhum masih melakukan percakapan dengan Ketua PPK terkait uji coba zoom meeting Sirekap. Dan kondisinya baik-baik saja pada saat itu. Namun seusai Magrib, informasinya Ketua KPPS ini kurang sehat, kemudian dibawa ke RS Santo Antonio Baturaja Timur. Paginya kita dapat informasi yang bersangkutan meninggal dunia," ujarnya.

BACA JUGA:Ketua KPU Tegaskan PPK-PPS Harus Bekerja Sesuai Aturan

Hal senada diungkapkan Anggota KPU OKU, Mario Restu Prayogi membenarkan informasi meninggalnya Ketua KPPS tersebut. Namun, ia enggan mengomentari terkait penyebab meninggalnya Ketua KPPS tersebut.

"Untuk penyebab pasti, nanti biar pihak rumah sakit yang lebih berwenang menyampaikan," jelasnya.

Informasi dari pihak keluarga menyebut, jika tensi darah Ketua KPPS saat itu cukup tinggi, yakni 250/180. Pihak keluarga juga menyebut Ferry mengalami pecah pembuluh darah di bagian kepala akibat tekanan darah tinggi.

"Berdasarkan informasi dari keluarga benar seperti itu," tukasnya.

Sumber: