3 Tips Menabung Agar Tetap Konsisten Sampai Tujuan, Selalu Tetapkan Deadline

3 Tips Menabung Agar Tetap Konsisten Sampai Tujuan, Selalu Tetapkan Deadline

Menabung--

3 Tips Menabung Agar Tetap Konsisten Sampai Tujuan, Selalu Tetapkan Deadline 

oganilir.co - Menabung merupakan hal yang sering orang lakukan agar mencapai tujuan supaya keuangannya teratur dan konsisten.

Meski demikian, menabung nyatanya sulit untuk diterapkan. Biasanya selalu saja ada kendala untuk memenuhi kebutuhan mendadak, karena tidak dapat mengelola keuangan secara bijak.

Untuk hal itu, ada beberapa tips menabung yang benar dan efektif supaya target menabung tidak terus gagal ditengah jalan.

Lantas bagaimana si caranya agar menabung tetap konsisten sehingga bisa mencapai tujuan? Berikut ini ada 3 tipsnya.

BACA JUGA:Catat! ini 8 Tips Hemat Anak Kos Anti Kantong Kering

1. Tetapkan Deadline

Deadline atau tenggat waktu secara tidak langsung memaksa diri agar dapat memenuhinya sesuai waktu yang ditentukan. Pastikan untuk membuat tenggat waktu yang sesuai kemampuan, misalnya ingin membeli kendaraan dan membuat deadline menabung selama satu tahun. Taat pada deadline dan konsisten menabung akan membantu target tercapai sesuai batas waktu.

2. Pisahkan Tabungan dan Pengeluaran Bulanan

Memisahkan tempat menabung dan pengeluaran rutin membantu agar uang tidak terpakai lebih dari budget. Melihat nominal tabungan yang mulai bertambah mungkin menggoda untuk digunakan, apalagi saat kepepet. Memisahkan tempat menabung dan pengeluaran rutin akan menghindari tabungan terkuras untuk hal tidak perlu.

BACA JUGA:12 Tips Agar Motor Hemat BBM Saat Perjalanan Jauh, Hindari Idle Terlalu Lama dan Kontrol Beban

3. Hindari Utang

Utang memang sering kali dianggap sebagai solusi untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan secara cepat.

Padahal, utang merupakan salah satu hal yang bisa mengganggu kesehatan keuangan Anda, terutama jika hanya untuk kesenangan belaka.

Sumber: