Cegah Banjir Warga Tanah Mas, Sungai Gasing Dinormalisasi

Cegah Banjir Warga Tanah Mas, Sungai Gasing Dinormalisasi

Hani Syopiar Rustam meninjau Sungai Gasing yang akan dinormalisasi, Rabu 13 Maret 2024. foto: aqda SEG--

Cegah Banjir Warga Tanah Mas, Sungai Gasing Dinormalisasi

BANYUASIN, oganilir.co - Mencegah terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin tepatnya di Kelurahan Tanah Mas hingga Kelurahan Sukajadi, Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten Banyuasin melakukan normalisasi Sungai Gasing sepanjang 2,9 km. 

Normalisasi Sungai Gasing ini langsung dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam SH didampingi Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim dan Plt Kepala Dinas PUPR Banyuasin Apriansyah, Rabu 13 Maret 2024.

"Diharapkan ke depannya tidak lagi banjir," kata Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam kepada awak media usai launching penggunaan alat amphibious untuk normalisasi Sungai Gasing Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin.

BACA JUGA:Kakak Beradik Berenang di Sungai Batang Hari Prabumulih, 1 Meninggal

Oleh karena itu dengan adanya giat normalisasi Sungai Gasing ini, ke depannya aliran sungai akan lancar. "Pastinya tidak ada banjir lagi," tegasnya seraya menambahkan normalisasi dilakukan sepanjang 2,9 km. 

Normalisasi yang dilakukan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Banyuasin, sehingga warga tidak lagi merasakan banjir dan lain sebagainya.

Apalagi jika banjir melanda Kecamatan Talang Kelapa tepatnya di Kelurahan Tanah Mas dan Sukajadi, ketinggian air mencapai 1 meter lebih. "Tinggi banjirnya," jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Banyuasin Apriansyah juga mengatakan normalisasi dilakukan untuk menanggulangi banjir di wilayah Kecamatan Talang Kelapa. "Itu tujuannya," katanya.

BACA JUGA:Pete Sanjaya Hilang di Sungai Rupit, Pencarian Dilakukan di Hari Kedua

Dia menambahkan proses normalisasi sendiri dimulai dari aliran Sungai Gasing tepatnya di Perumahan Al Ghoni Kelurahan Tanah Mas Indah sampai dengan Kelurahan Sukajadi dan Sukajadi Timur Ujung Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin.

"Daerah itu tiap tahun arena adanya pendangkalan sungai Gasing," jelasnya. Ini adalah bukti keseriusan Pemkab Banyuasin untuk mencegah banjir yang selalu merugikan masyarakat sekitar.

Warga Kecamatan Talang sendiri mendukung penuh normalisasi sungai ini, dan sudah mendambakan adanya kegiatan seperti ini. "Daerah kami ini sering banjir pak, tentunya dengan giat ini tidak ada lagi banjir," kata Maya. 

BACA JUGA:Dramatis, Jambret Hp di OKI Terjun ke Sungai saat Akan Ditangkap

Sumber: