Bupati Panca Buka Musrenbang. Kemiskinan dan Stunting Tetap Bagian Prioritas

Bupati Panca Buka Musrenbang. Kemiskinan dan Stunting Tetap Bagian Prioritas

Musrenbang Pemkab Ogan Ilir Tahun 2024--

Bupati Panca Buka Musrenbang. Kemiskinan dan Stunting Tetap Bagian Prioritas .

OGANILIR.CO- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH, membuka Musrenbang Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Kabupaten Ogan Ilir, berlangsung di Gedung Pendopoan KPT Tanjung Senai Indralaya, Selasa 26 Maret 2024.

Bupati Panca menyebutkan,  aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui musrenbang kecamatan, tentu akan diangkat  ke tingkat Kabupaten untuk perencanaan 2025. 

"Pada periode pertama memimpin Kabupaten Ogan Ilir, kami fokus melalui anggaran APBD untuk menuntaskan jalan-jalan antar kecamatan dan beberapa desa yang belum tersentuh pembangunan infrastruktur, termasuk di bidang kesehatan untuk gedung puskesmas dan pendidikan untuk pembangunan sekolah,"katanya .

BACA JUGA:1.441 Tenaga Kesehatan Ogan Ilir Telah Mengantoni STR

Sementara pada tahun  anggaran 2025 atau RPJMD tahun berikutnya tentunya akan diselaraskan dengan program Pemkab di 5 tahun kedepan.

"Keinginan saya untuk memastikan pembangunan wilayah perkotaan yakni Ibu Kota Indralaya, meski tanpa mengenyampingkan pembangunan yang ada di Kecamatan dan desa lainnya,"ucapnya .

Dimana Pemkab Ogan Ilir  sebelumnya telah mengambil pinjaman dari Bank SumselBabel senilai Rp 30 Milyar. Sehingga tidak mengganggu kegiatan infrastruktur pembangunan yang diperuntukan di desa dan kecamatan. 

BACA JUGA:Pemkab Ogan Ilir Gencar Lakukan Operasi Pasar Murah

"Insya Allah di 2025, disisi lain membangun infrastruktur pendidikan, kesehatan, jalan desa, dan sudah harus mempersiapkan untuk wilayah perkotaan Indralaya," jelasnya. 

Sementara Kepala Bappeda Ogan Ilir, Yusriani Emiyati S.Si, M.T menyampaikan,  ada beberapa target yang menjadi prioritas dalam perencanaan kedepan.

"Penanggulangan kemiskinan dan stunting, merupakan bagian program prioritas utama,  kemudian pengembangan kawasan perkotaan Indralaya, pengembangan sektor ekonomi unggulan di bidang pertanian dan perikanan," jelasnya Emi.

BACA JUGA:Disdikbud Ogan Ilir Terbitkan Surat Edaran Larangan Sekolah Gelar Perpisahan.

Selanjut itu lanjut Emi, Pemkab Ogan Ilir perlu melakukan pengembangan SDM, reformasi birokrasi dan peningkatan sektor kesehatan pendidikan. 

Sumber: