Jalintim Palembang-Betung Macet, Kendaraan Merayap 7 km

Jalintim Palembang-Betung Macet, Kendaraan Merayap 7 km

Jalintim Palembang-Betung mengalami kemacetan, Kamis 4 Maret 2024 pukul 21.00. Foto: SEG--

Jalintim Palembang-Betung Macet, Kendaraan Merayap 7 km

BANYUASIN, oganilir.co - Kemacetan panjang terjadi di Jalan Lintas Timur Palembang-Betung tepatnya di arah Sembawa (Desa Mainan) Km 22 hingga Kecamatan Talang Kelapa, Kelurahan Sukajadi Km 15, Kamis  4 Maret 2024 malam. Penyebab kemacetan panjang itu sendiri, karena padatnya arus lalu lintas, terutama dari arah Jambi menuju Palembang. 

Oleh sebab itu, anggota Satlantas Polres Banyuasin standby di lokasi untuk mengatur arus lalu lintas sehingga dapat terurai kemacetan panjang itu.

"Kemacetan panjang terjadi, karena arus lalu lintas padat sekali terutama dari arah Jambi menuju Palembang," kata Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK.

Anggota Satlantas Polres Banyuasin sendiri telah siaga di lapangan untuk melakukan pengaturan, sehingga kemacetan dapat terurai.

BACA JUGA:Muatan Cor Beton Jatuh, Jalintim Palembang-Betung Macet

"Anggota atur arus lalin di lokasi," bebernya.

Ferly menegaskan, Jumat (5/4) pukul 09.00 WIB akan ada pembatasan angkutan barang hingga 16 April 2024 pukul 08.00 WIB.

Pembatasan operasional angkutan barang atau mobil barang, meliputi mobil barang dengan sumbu 3 atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, mobil barang dengan kereta gandengan, dan mobil barang yang digunakan untuk pengangkutan hasil galian seperti tanah, pasir, batu, hasil tambang, dan bangunan.

Namun ada sejumlah pengecualian untuk angkutan barang yang membawa muatan tertentu. Seperti angkutan barang yang membawa bahan bakar minyak atau bahan bakar gas masih diperbolehkan beroperasi dan melintas dengan menunjukkan surat muatan yang bisa ditempel di bagian kaca kendaraan.

BACA JUGA:Pohon Tumbang, Lalin Jalintim di Ogan Ilir Sempat Macet

Angkutan barang yang masih boleh beroperasi yakni yang muat BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk, pakan ternak. Kemudian angkutan sepeda motor mudik gratis, angkutan yang membawa barang pokok seperti beras, daging, tepung, minyak dan bahan pokok lainnya.

"Tentunya Jalan Lintas Timur, Palembang Betung tidak akan macet lagi," tegasnya.

Evi, pengendara sepeda motor mengatakan kalau kemacetan panjang ini memang sudah biasa terjadi, terutama saat arus mudik dan mendekati Hari Raya Idulfitri.

Sumber: