Hari Ini Polres Lahat Siap Kawal Penghitungan Suara Ulang Di 6 TPS.

Hari Ini Polres Lahat Siap Kawal Penghitungan Suara Ulang Di 6 TPS.

Rakor pelaksanaan penghitungan ulang tindak lanjut putusan MK di TPS 6 Lahat--

Hari Ini Polres Lahat Siap Kawal Penghitungan Suara Ulang Di 6 TPS.

OGANILIR.CO-LAHAT- Hari ini Kamis, 19 Juni 2024 proses penghitungan suara ulang dari 6 TPS TPS Dapil Lahat 4 Kecamatan Tanjung Tebat Kabupaten Lahat hasil Pemilu 2024 oleh KPU Lahat, segera dilaksanakan sebagai mana perintah hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Polres Lahat siap melakukan  pengamanan dan pengawalan jalannya proses penghitungan ulang sesuai dengan hasil rapat koordinasi (Rakor).

Kapolres Lahat AKBP AKBP God Parlasro S.Sinaga SH.SIK.MH menyatakan pihaknya siap mengawal dan menjamin keamanannya, sebab, soal tanggung jawab keamanan berada dipundak kepolisian dijajarannya, didukung dengan TNI dan stake holder lainnya.

BACA JUGA:Euro 2024: Portugal Menang 2-1 Atas Republik Ceko, Ronaldo Tumpul

Demikian ditegaskan Kapolres Lahat AKBP AKBP God Parlasro S.Sinaga SH.SIK.MH dalam rapat koordinasi yang digelar dikantor KPU Kabupaten Lahat pada Selasa 18 Juni 2024 terkait persiapan pelaksanaan putusan Mahkamah Konstitusi tentang penghitungan suara ulang 6 TPS Dapil Lahat 4 Kecamatan Tanjung Tebat Kabupaten Lahat hasil Pemilu 2024 oleh KPU Lahat.

"Polres Lahat sebagai penanggung jawab keamanan siap untuk menjaga dan mengawal pelaksanaan penghitungan dibantu unsur TNI dan pemerintah Kabupaten Lahat. Saya selaku Kapolres menghimbau kepada KPU Lahat agar dalam pelaksanaan penghitungan suara ulang dilaksanakan secara profesional dan transparan, demikianpun pihak Bawaslu Lahat agar melaksanakan tugas pengawasan secara profesional,” ujarnya.

Dirinya juga meminta dan mengingatkan kepada pihak terkait, partai politik peserta pemilu 2024 agar mengikuti pelaksanaan penghitungan suara ulang oleh KPU Lahat dengan menghadirkan saksi yang mengetahui aturan dan tidak perlu melakukan pengerahan massa yang dapat menimbulkan masalah baru. 

BACA JUGA:PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Bagi-Bagi Hewan Kurban

“Polres Lahat akan bertindak tegas kepada kelompok yang mencoba mengganggu pelaksanaan penghitungan ulang surat suara di KPU Lahat dan saya mengajak kepada seluruh pihak terkait dan elemen masyarakat bersama sama menjaga kondusifitas Kabupaten Lahat ini,” imbuhnya 

Kapolres menegaskan pihaknya sudah menugaskan personel di gudang KPU Lahat untuk melakukan penjagaan, dan pengawalan kotak suara yang akan dibuka dan dihitung ulang.

Sementara itu Sarjani, Ketua KPU Lahat menyampaikan hasil keputusan rapat bahwa pelaksanaan penghitungan suara ulang akan dilaksanakan pada hari Rabu 19 juni 2024 di Kantor KPU Lahat. 

BACA JUGA:Luar Biasa !, 110 Siswa SMAN 1 Indralaya Lulus PTN

“Kami laksanakan rapat koordinasi dalam rangka sosialisasi pelaksanaan putusan MK dalam perkara nomor 275/PHPU  tentang penghitungan suara ulang 6 TPS kecamatan Tanjung Tebat, dan kita sudah putuskan bersama bahwa kegiatan penghitungan suara ulang akan dilaksanakan Rabu 19 Juni 2024 dengan jaminan keamanan yang diberikan oleh pak Kapolres,” tuturnya.

Sumber: